Mamah Muda Jangan Lebay, Begini Aturan Unggah Hari Pertama Anak Sekolah di Medsos

pastikan fitur geo-tagging atau penanda lokasi dimatikan saat memutuskan memasang foto anak

Mamah Muda Jangan Lebay, Begini Aturan Unggah Hari Pertama Anak Sekolah di Medsos
kemendikbud
Aturan Mengunggah Foto Anak di medsos 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan sejumlah imbauan kepada orangtua pada Hari Pertama Masuk Sekolah (HPS).

Sebagian besar sekolah memulai tahun ajaran baru 2018/2019 pada hari ini, Senin (16/7/2018). Salah satu imbauan yang disampaikan Kemendikbud adalah untuk berhati-hati dalam membagikan foto anak di media sosial pada hari pertama masuk sekolah.

Momen anak memulai fase kehidupannya yang baru, yaitu sekolah, menjadi momen penting bagi orangtua. Mereka pun mengungkapkan kebahagiaan dengan berbagi foto keseruan hari pertama anak bersekolah, tidak sedikit yang mengunggah sangat detail dan cenderung berlebihan atau lebay.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian orangtua sehingga tak ada risiko bagi anak atas foto-foto yang telah diunggah orangtua.

Kemendikbud menyampaikan imbauan tersebut melalui akun resmi Instagram-nya, @kemdikbud.ri. Dalam imbauan tersebut, Kemendikbud menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum orangtua memasang foto anak mereka di media sosial, yaitu:

1. Jangan memasang identitas lengkap anak, seperti nama lengkap, tanggal, lahir, nama sekolah, alamat sekolah, nomor telepon, dll.

2. Hati-hati, pastikan fitur geo-tagging atau penanda lokasi dimatikan saat memutuskan memasang foto anak.

3. Bila ingin berbagi foto anak, sebaiknya terbatas pada keluarga dan lingkungan dekat yang bisa dipercaya, tidak kepada publik luas. Setiap media sosial bisa mengatur jenis privasi dan peredaran foto.

4. Jangan memasang foto anak yang memungkinkan ia mendapatkan pelecehan, penghinaan dan perundungan.

5. Pikirkan dari sisi anak, apakah ia akan senang dangan foto yang dipasang, atau malah akan merasa malu dan sedih.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved