Hidupnya Terancam, Pangeran Uni Emirat Arab Ini Kabur ke Qatar 

SHEIKH Rashid bin Hamad al-Sharqi, Pangeran Uni Emirat Arab, mencari suaka di Qatar setelah melarikan diri dari negara tersebut.

Hidupnya Terancam, Pangeran Uni Emirat Arab Ini Kabur ke Qatar 
albawaba.com
SHEIKH Rashid bin Hamad al-Sharqi 

SHEIKH Rashid bin Hamad al-Sharqi, Pangeran Uni Emirat Arab, mencari suaka di Qatar setelah melarikan diri dari negara tersebut.

LaporanThe New York Times pada Minggu (15/7/2018), seperti diwartakan AFP, Sheikh Rashid mengaku khawatir akan hidupnya karena perselisihan di antara penguasa Abu Dhabi yang kaya minyak itu.

Pria berusia 31 tahun itu merupakan putra kedua dari emir Fujairah, salah satu dari tujuh monarki yang membentuk UEA. Dia dilaporkan tiba di Doha, Qatar, pada Senin (16/7/2018).

Baca: Rayakan Toleransi Beragama, Masjid di Uni Emirat Arab Ini Dinamakan Maria Ibu Yesus

SHEIKH Rashid bin Hamad al-Sharqi
SHEIKH Rashid bin Hamad al-Sharqi (yemenextra.net)

Sheikh Rashid menuduh penguasa Emirat melakukan pemerasan dan pencucian uang. Namun, dia tidak menyodorkan bukti untuk mendukung klaimnya.

Kepada The New York Times, dia juga mengaku tentang adanya ketegangan dalam jajaran elite Emirat atas komitmen pasukan UAE di perang Yaman.

Dia mengatakan, ada lebih banyak jumlah kematian dalam perang dari UEA ketimbang yang dilaporkan secara terbuka, yaitu 100 orang.

"Ada lebih banyak kematian dari Fujairah daripada di tempat lain," katanya.

Baca: Jokowi Disopiri Putra Mahkota Uni Emirat Arab Pakai Mobil yang Mereknya Gak Jelas, Begini Ceritanya

Seorang pejabat UEA yang dihubungi oleh AFP menolak berkomentar. Tindakan Sheikh Rashid dinilai sebagai yang pertama kalinya dalam hampir 47 tahun sejarah UEA mengenai salah satu anggota dari tujuh keluarga kerajaan yang mengkritik pemerintahan secara terbuka.

Bersama Arab Saudi, Mesir, dan Bahrain, Uni Emirat Arab memutuskan semua hubungan dengan Qatar pada Juni 2017.

Negara-negara itu menuduh Pemerintah Qatar mendukung kelompok-kelompok ekstremis dan terlalu dekat dengan rival Teluk, yaitu Iran. Qatar yang merupakan pengekspor gas alam cair terbesar di dunia menyangkal tuduhan tersebut. (Veronika Yasinta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hidupnya Terancam, Pangeran UEA Cari Suaka ke Qatar"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved