Pilkada Bekasi 2018

Nur Supriyanto-Adhy Firdaus Gugat Hasil Rekapitulasi ke MK, KPU Tunda Pengumuman

"Sesuai jadwal harusnya kemarin dan paling telat hari ini. Tapi kita tunda karena ada paslon yang melakukan gugatan."

m18/Muhamad Azzam
KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada 2018 tingkat Kota Bekasi, Kamis (5/7/2018) tengah malam. 

WARTAKOTA, BEKASI---- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menunda pengumuman penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi terpilih.

Penundaan itu disebabkan karena  pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi nomor urut 2, Nur Supriyanto-Adhy Firdaus melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sesuai jadwal harusnya kemarin dan paling telat hari ini. Tapi kita tunda karena ada paslon yang melakukan gugatan," tutur Syafrudin, Komisioner KPU Kota Bekasi, Selasa (10/7).

Ia menjelaskan, saat pengumuman hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara pada 6 Juli 2018, sesuai peraturan harus menunggu tiga hari jika ada guguatan.

"Dan memang ada gugatan dari paslon nomor 2," katanya.

Baca: BPK Lebih Dulu Merespon Dibanding Pernyataan Calon Walkot Bekasi

Dia menambahkan, sesuai Peraturan KPU (PKPU, penetapan pengumuman Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih menunggu hasil gugatan, apakah MK menerima gugatan tersebut atau tidak.

"Jadi karena paslon nomor 2 melayangkan gugatan ke MK sehingga kita tidak bisa menetapkan, karena menunggu penetapan MK, apakah gugutan itu diterima atau tidak, prosesnya 14 hari kerja, jadi kita tunggu itu," ujarnya.

Sementara Ketua Tim Advokasi pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Nur Supriyanto-Adhy Firdaus mengungkapkan, pihaknya sejak Sabtu 7 Juli 2018, telah megajukan permohonan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Pengajuan gugatan itu terkait hasil Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi.

Dia menilai ada kejanggalan selama proses Pemilhan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bekasi.

Baca: Rapat Pleno Pengundian Nomor Urut Pilkada Bekasi Sempat Diskors

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved