Gunung Agung Meletus

Gunung Agung Erupsi Lagi, Muntahkan Debu Vulkanis Setinggi 2.000 Meter di Atas Puncak

Erupsi yang tercatat berlangsung selama 2 menit 42 detik itu memiliki kolom abu berwarna kelabu, dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

Gunung Agung Erupsi Lagi, Muntahkan Debu Vulkanis Setinggi 2.000 Meter di Atas Puncak
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengunjungi lokasi pengungsian korban erupsi Gunung Agung yang ada di Desa Besakih, Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu dini hari. 

GUNUNG Agung, Bali kembali erupsi pada Senin (9/7/2018). Kabar tersebut disampaikan Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, lewat akun twitternya @Sutopo_PN pada pukul 10.57 WIB.

Dalam laporannya, Gunung Agung kembali memuntahkan debu vulkanis setinggi 2.000 meter di atas puncak, atau sekitar 5.142 meter di atas permukaan laut.

Erupsi yang tercatat berlangsung selama 2 menit 42 detik itu memiliki kolom abu berwarna kelabu, dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Status Siaga pun belum berubah, masyarakat Bali diharapkan waspada.

Baca: Genap Berumur 52 Tahun, Ini Sepak Terjang Ahok

"Gunung Agung kembali erupsi dengan tinggi kolom abu 2.000 meter. Intensitas tebal dan condong ke barat. Erupsi berlangsung 2 menit 42 detik. Bandara Internasional Ngurah Rai tetap beroperasi normal. Status Siaga. Pengungsi masih 4.415 jiwa tersebar di 54 titik pengungsian," tulisnya.

Kabar serupa disampaikan BNPB Indonesia lewat akun @BNPN_Indonesia. Erupsi dilaporkan terjadi pada pukul 11.20 WITA, dengan getaran terekam seismogram amplitudo maksimum 24 mm.

"Erupsi G Agung, Bali, 09 Juli 2018 pukul 11:20 WITA dgn tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dgn intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi terekam di seismogram dgn amplitudo maksimum 24 mm & durasi ± 2 menit 42 detik," tulis admin @BNPN_Indonesia. (*)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved