Kali Grogol di Palmerah Dinormalisasi

Alat berat ini, diketahui sebagai alat untuk memperbantukan percepatan penormalisasian aliran Kali Grogol.

Kali Grogol di Palmerah Dinormalisasi
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Sebuah alat berat bertengger di bibir Jalan Palmerah I atau Jalan Inspeksi Slipi, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (6/7/2018). 

SEBUAH alat berat sejak dua hari lalu, nampak bertengger di bibir Jalan Palmerah I atau Jalan Inspeksi Slipi, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (6/7/2018).

Alat berat ini, diketahui sebagai alat untuk memperbantukan percepatan penormalisasian aliran Kali Grogol.

Terpantau para petugas berseragam oranye ini sedang membersihkan berbagai jenis sampah di aliran Kali Grogol.

Tak hanya itu kini nampak bibir kali penuh sampah hasil potongan pohon-pohon yang ada di bibir Kali Grogol.

Tidak hanya pohon yang ditebang. Tapi terlihat juga beberapa tanaman kecil itu dibabat habis oleh petugas kebersihan setempat. Terpantau, sebuah plang cukup besar warna kuning, yang berisi adanya pengalihan arus selama adanya ppenormalisasian Kali Grogol itu, berlangsung.

Para petugas yang ada di lokasi pun juga telah memulai pengerukan sedimen tanah di sisi kiri dan kanan kali yang ketinggiannya sekitar tiga-empat meter.

Pengerukan juga dilakukan, agar tanah menjadi kuat dan juga bisa dipasangkan sheetpile.

"Normalisasi Kali Grogol ini akan dilaksanakan sepanjang 1.600 meter. Dengan kondisi kedua sisi akan terbangun sheetpile. Kontrak dengan penyedia lnya sudah. Sosialisasi sudah selesai dan tinggal pelaksanaannya saja. Target untuk penormalisasian selesai tahun ini, sekitaran 10 Desember 2018," terang Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Teguh Hendrawan, saat dikonfirmasi awak media, Jumat (6/7).

Teguh mengatakan adanya proyek normalisasi kali ini menjadi normalosasi terakhir untuk Kali Grogol.

"Proyek normalisasi Kali Grogol yang tersisa di sini. Sebelumnya sheetpile sudah terpasang di depan Universitas Trisakti, hingga dari Trisakti menuju Mall Season City. Sementara itu, untuk tahun ini, sheetpile akan dipasangin mulai dari Palmerah hingga Kemanggisan," katanya.

Kepala Bidang Sungai dan Pantai sistem Aliran Barat Dinas SDA DKI, Hendri, mengatakan Kali Grogol segmen Palmerah-Kemanggisan, akan segera dinormalisasikan lantaran disisi-sisinya yang tinggi.

"Sering terjadi longsor dan rusak. Alhasil, kami akan pasang kekuatan sesuai kebutuhan, agar tidak roboh lagi. Sementara itu, grassblock ini akan dipasangkan diatas sheetpile agar dapat penyerapan air. Di tahun lalu saja kami sempat memasangkan sheetpile sepanjang 50 meter lantaran kondisinya yang sudah parah," ujarnya kembali.

Hendri mengungkapkan, bila normalisasi Kali Grogol dilakukan kontraktor PT Pitako. Bahkan anggaran anggaran menggunakan APBD, yany Rp 71 Miliar.

"Total anggaran Rp 71 Milliar. Tidak hanya Kali gGogol, penormalisasian kali juga dilakukan di gorong-gorong Pondok Pinang, Kali Mookevart dan sodetan Kali Sekretaris. Anggarannya satu paket dengan tiga kali lainnya di APBD 2018," ujar Hendri. (BAS)

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved