PT Pelabuhan Indonesia IV Menerbitkan Obligasi Senilai Rp 3 Triliun

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menerbitkan obligasi I sebesar Rp 3 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (5/7/2018).

PT Pelabuhan Indonesia IV Menerbitkan Obligasi Senilai Rp 3 Triliun
Istimewa
Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung, memberikan keterangan setelah Pelindo IV melakukan pencatatan obligasi I di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (5/7/2018). 

WARTA KOTA, PALMERAH---Menteri BUMN Rini M Soemarno optimistis penerbitan obligasi PT Pelindo IV dapat mempercepat pembangunan konektivitas kawasan Timur Indonesia.

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menerbitkan obligasi I sebesar Rp 3 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (5/7/2018).

Baca: PT Pelindo IV Menerbitkan Obligasi untuk Mempercepat Pengembangan Kawasan Indonesia Timur

Pendanaan obligasi diperlukan oleh PT Pelindo IV untuk melanjutkan pembangunan berbagai proyek strategis yang telah mulai dilakukan sebelumnya di beberapa pelabuhan KTI, yaitu Makassar New Port, Bitung, Kendari New Port dan Pantoloan-Palu.

"Saya mengapresiasi langkah strategis PT Pelindo IV dalam upaya mencari sumber-sumber pembiayaan di luar APBN untuk menyelesaikan program strategis nasional tersebut. Dengan demikian, APBN dapat lebih difokuskan untuk membiayai program pemerintah lainnya yang berorientasi kepada kesejahteraan rakyat," kata Rini dalam siaran pers.

Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung, mengatakan, meski merupakan aksi korporasi perdana, namun perseroan mencatat antusiasme para investor.

Baca: Bank Kesejahteraan Terbitkan Obligasi Rp 200 Miliar

"Dari total Rp 3 triliun obligasi yang dilepas pada penerbitan perdana tahun ini, antusiasme para investor sudah melebihi jumlah penawaran (over-subscribed). Hal ini tentu sangat menggembirakan dan menunjukkan kepercayaan investor kepada
PT Pelindo IV," kata Doso Agung.

Doso Agung mengatakan, selain obligasi, PT Pelindo IV juga memanfaatkan dana internal perusahaan untuk mengembangkan pelabuhan-pelabuhan lainnya di wilayah pengelolaan perusahaan.

Baca: Sewatama Bayar Bunga Obligasi Ke-8

Dari catatan perseroan, sejak 29 Juni 2018 Obligasi I Pelindo IV senilai Rp 3 triliun sudah memasuki penawaran umum dan diterbitkan pada semester I tahun ini.

Penerbitan surat utang tersebut dibagi dalam tiga tenor, yakni Seri A untuk lima tahun, Seri B untuk tujuh tahun, dan Seri C untuk 10 tahun.

Penulis: Aloysius Sunu D
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved