Pilkada Serentak 2018

Hasil Rapat Pleno KPU: Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli Menang 83,72 Persen Lawan Kotak Kosong

Pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli memenangkan Pilbup 2018.

Warta Kota/Andika Panduwinata
BAKAL pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli berjalan kaki bersama para pendukungnya dari Kantor DPD Golkar Kabupaten Tangerang menuju Kantor KPU Kabupaten Tangerang, Rabu (10/1/2018). 

PASANGAN calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli memenangkan Pilbup 2018.

Hal itu dipastikan berdasarkan rapat pleno KPU Kabupaten Tangerang di Lemo Hotel, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (4/7/2018) kemarin.

Dari hasil rekapitulasi, Zaki-Mad Romli meraih suara sebanyak 941.804 atau 83,72 persen. Sedangkan rivalnya, kolom kotak kosong, mendapatkan 183.095 suara atau 16,28 persen.

Baca: Mad Romli Optimis Menang di TPS-nya

Pemilihan serentak yang digelar pada Rabu (27/6/2018) lalu diikuti oleh 1.148.762 atau 61,5 persen pengguna hak pilih dari 1.866.524 DPT.

Sepinya partisipasi masyarakat, menurut Ketua KPU Kabupaten Tangerang Ali Zaenal Abidin, karena memilih itu adalah hak, bukan kewajiban.

"Terkait kehadiran pemilih ke TPS, bahwa KPU tidak bisa memaksa datang ke TPS karena persoalan pemilih itu hak kan, bukan kewajiban," jelas Ali.

Baca: Cuma Ada Calon Tunggal, Warga Desa Parahu Nilai Pemilihan Bupati Tangerang Kurang Seru

Kendati demikian, Pilbup Kabupaten Tangerang tahun ini dianggap Ali mengalami peningkatan partisipan sebanyak 4,5 persen dibanding sebelumnya.

"Pemilihan bupati sebelumnya itu hanya 57 persen, pada pilkada ini alhamdulillah mencapai 61,5 persen. Ada peningkatan partisipasi dari pilkada sebelumnya," ujar Ali.

Sebagai penyelenggara, Ali mengaku belum ada evaluasi dari KPU Kabupaten Tangerang tentang pesta demokrasi lima tahunan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah berjalan lancar. Sementara kita belum ada evaluasi," ucapnya. (*)

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved