Kapal Tenggelam

KM Lestari Maju Kandas, 41 Orang Belum Ditemukan

Bersamaan dengan laporan perkembangan evakuasi korban, dirinya melampirkan sebuah video dramatis ketika KM Lestari Maju kandas.

KM Lestari Maju Kandas, 41 Orang Belum Ditemukan
Twitter @Sutopo_PN
KM Lestari Maju kandas di Perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan,Selasa (3/7/2018) pukul 14.30 WITA. 

EVAKUASI penumpang pasca-kandasnya KM Lestari Bangun di Perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Selasa (3/7/2018) siang, terus diupayakan petugas gabungan.

Delapan jam pencarian, tercatat sebanyak 41 orang belum ditemukan. Kabar duka itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di akun Twitter @Sutopo_PN pada Selasa (3/7/2018) malam.

Dalam laporannya, evakuasi yang dilakukan sejak KM Lestari Maju kandas, tepatnya pukul 14.30 WITA hingga pukul 23.00 WITA, terdapat 41 orang belum ditemukan.

Baca: KM Lestari Maju yang Tenggelam di Selayar Bawa Gaji PNS Rp 30 Miliar

Tim gabungan yang terdiri dari Badan SAR Nasional (Basarnas), BNPB, serta aparat lainnya berhasil menyelamatkan sebanyak 74 penumpang, sedangkan 24 orang dilaporkan tewas.

"Update Laka KM Lestari Maju pada 3/7/2018 pukul 23.00 WITA. Korban tewas sekarang sudah 24 orang, 74 selamat, 41 masih dicari. Evakuasi masih berlangsung. Sesuai manifes jumlah penumpang 139 orang dan 48 unit kendaraan," tulisnya pada Selasa (3/7/2018) jelang tengah malam.

Bersamaan dengan laporan perkembangan evakuasi korban, dirinya melampirkan sebuah video dramatis ketika KM Lestari Maju kandas. Puluhan orang penumpang terlihat berusaha menyelamatkan diri dengan turun dari anjungan kapal, mereka merayap di sisi kiri kapal yang semakin landai.

Dalam video berdurasi 44 detik itu, sejumlah penumpang, termasuk anak-anak, berhasil diselamatkan dan naik di sekoci, sementara sebagian besar lainnya terombang-ambing di lautan.

Sedangkan BNPB Indonesia lewat akun @BNPN_Indonesia menduga kecelakaan karena adanya kebocoran lambung kapal. Evakuasi dibantu Badan SAR Nasional (Basarnas), BNPB, serta aparat lainnya.

"KM Lestari Maju alami kecelakaan laut hampir tenggelam di Perairan Selayar Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulsel pada 3/7/2018, 14.30 WITA. Kapal membawa penumpang dan kendaraan. Diduga terjadi kebocoran lambung kiri kapal. Evakuasi dipimpin Basarnas dibantu BPBD dan aparat lain," tulis admin @BNPN_Indonesia pada Selasa (3/7/2018). (*)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved