Ini Hasil Penghitungan Suara Pilkada Lawan Kotak Kosong di Tangerang

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar rapat pleno penghitungan suara Pilkada Kota Tangerang, Rabu (4/7/2018).

Ini Hasil Penghitungan Suara Pilkada Lawan Kotak Kosong di Tangerang
WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar rapat pleno penghitungan suara Pilkada Kota Tangerang, Rabu (4/7/2018). Dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut partisipasi pemilih mencapai 71 persen. 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar rapat pleno penghitungan suara Pilkada Kota Tangerang, Rabu (4/7/2018).

Dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut partisipasi pemilih mencapai 71 persen.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane mengakui dalam rapat tersebut hasilnya terdapat beberapa perbaikan yang perlu dilakukan. Terkait data pemilih namun dari keseluruhan hasil mulai dari TPS hingga tingkat kota tidak ada perubahan.

“Tadi kami juga bisa saksikan bahwa baik Panwas maupun saksi Paslon sudah menyepakati apa yg menjadi hasil perolehan Pilkada dan mudah-mudahan sudah kita tetapkan sesungguhnya cukup tinggi memang angka partisipasi sampai 71 persen dari keseluruhan data pemilih ini naik 3 persen dari Pilgub lalu,” ujar Sanusi seusai rapat pleno penetapan rekapitulasi Pilkada Kota Tangerang.

Sanusi mengakui hasil tersebut belum sesuai target yang ditetapkan yakni 78 persen. Kendatu demikian partisipasi 71 persen sudah mengalami peningkatan 3 persen dari tahun 2017.

“Data ini tertinggi dan masih kami pertahankan partisipasi tertinggi se-Banten,” ucapnya.

“Kalau dari Pilkada dengan satu Paslon kita masih juga memperoleh hasil yang maksimal,” sambung Sanusi.

Terkait evaluasi pelaksanaan dan partisipasi pemilih pihaknya akan melakukan evaluasi. Bahkan di tingkat PPK dan PPS sudah mulai dilakukan.

“Kami evaluasi apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kita dalam proses menyadarkan masyarakat untuk datang ke TPS dan mudah-mudahan tingkat partisipasinya semakin naik,” ungkapnya.

Sanusi melanjutkan terkait hasil rapat pleno diketahui pasangan Arief - Sachrudin unggul 85,80 persen. Dan kotak kosong mendapatkan 14,20 persen.

Sementara penetapan pemenang Pilkada akan menunggu hasil Mahkamah Konstitusi. Apakah ada gugatan atau tidak

“Kami tunggu sampai jadwalnya baru menetapkan pemenangannya, Hari ini hanya membacakan hasil keputusan rekapitulasi dan memang angkanya Paslon ini menang,” papar Sanusi.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved