Gunung Agung Meletus

Gunung Agung Erupsi Lagi Dini Hari Tadi, Tinggi Kolom Abu Mencapai 2.000 Meter

Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho kembali melaporkan perkembangan aktivitas Gunung Agung, Bali.

Gunung Agung Erupsi Lagi Dini Hari Tadi, Tinggi Kolom Abu Mencapai 2.000 Meter
Istimewa
Gunung Agung saat erupsi yang terjadi sejak beberapa hari lalu. 

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho kembali melaporkan perkembangan aktivitas Gunung Agung, Bali.

Lewat akun twitternya @Sutopo_PN, erupsi dengan ledakan setinggi 2.000 meter dilaporkan terjadi pada Rabu (4/7/2018) dini hari.

Ledakan itu merupakan kali kedua sejak Gunung Agung kembali bergejolak pada Senin (2/7/2018) pukul 21.04 WITA. Ledakan tercatat dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak gunung atau sekitar 5.142 meter di atas permukaan laut.

Baca: Deddy Mizwar: Saya Hanya Menyiapkan Kemenangan

Serupa dengan erupsi sebelumnya, kolom abu dengan intensitas tebal condong ke arah arah barat. Potensi erupsi susulan diperkirakannya masih tinggi.

"Gunung Agung erupsi setinggi 2.000 meter berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat pada (4/7/2018) pukul 03.25 WITA. Status Siaga. Di dslambradous 4 km daerah berbahaya. Potensi terjadi erupsi susulan masih tinggi," tulisnya pada Rabu (4/7/2018).

Terkait hal tersebut, status Gunung Agung masih bertahan pada Level III atau Siaga, masyarakat di sekitar Gunung Agung maupun wisatawan dilarang berada dan melakukan aktivitas di Zona Perkiraan Bahaya, yakni area dalam radius 4 kilometer dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Imbauan pun berlaku kepada masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. Seluruhnya diminta agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder, berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan, dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. (*)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved