Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Meski Pencarian Korban KM Sinar Bangun Dihentikan, Tim SAR, Kapal, dan Perahu Karet Tetap Disiagakan

Tim Basarnas gabungan memastikan menghentikan proses pencarian, tepat di hari ke-16 pencarian korban hilang KM Sinar Bangun tersebut.

Meski Pencarian Korban KM Sinar Bangun Dihentikan, Tim SAR, Kapal, dan Perahu Karet Tetap Disiagakan
Facebook
KM Sinar Bangun sebelum berangkat di Pelabuhan Simanindo menuju Tigaras. 

PENCARIAN korban penumpang dan bangkai Kapal Motor (KM) Sinar Bangun resmi dihentikan pada Selasa (3/7/2018) hari ini.

Tim Basarnas gabungan memastikan menghentikan proses pencarian, tepat di hari ke-16 pencarian korban hilang KM Sinar Bangun tersebut.

Kepala Kantor SAR Medan Budiawan mengatakan, walaupun proses pencarian telah dihentikan, sejumlah personel dari Tim SAR daerah tetap akan memantau di perairan Danau Toba, Sumatera Utara.

Baca: Batal Datangkan Robot Pengangkat, Besok Basarnas Hentikan Pencarian Korban KM Sinar Bangun

"Benar untuk secara nasional sudah dihentikan. Setelah ini kita laksanakan operasi rutin yang ada di Parapat. Ada personel SAR di sini," kata Budiawan, Selasa (3/7/2018)

Budiawan menjelaskan, selain personel Tim SAR, peralatan seperti kapal dan perahu karet juga masih disiagakan, guna melancarkan operasi rutin di perairan Danau Toba.

Hal itu dilakukan untuk berjaga-jaga apabila ada laporan temuan jasad yang mengapung di perairan Danau Toba, personel Tim SAR dapat segera melakukan evakuasi.

Baca: Ratna Sarumpaet: Semua Mayat Harus Diangkat, Jangan Ada yang Berani Menghentikan!

"Pokoknya di sini tetap ada kapal dan perahu karet Tim SAR, serta ada peralatannya. Nanti dalam pelaksanaan bersama TNI AL dan Polisi Air," jelas Budiawan.

Sebelumnya, proses pencarian pertama dilakukan pada 18 hingga 24 Juni 2018. Perpanjangan masa pencarian pertama 25 sampai 27 Juni 2018.‎ Kemudian, perpanjangan masa pencarian untuk kedua kalinya dilakukan pada 28 hingga 30 Juni 2018. Sedangka perpanjangan pencarian ketiga kalinya digelar pada 1 sampai 3 Juli 2018.

Tim SAR gabungan baru berhasil mengevakuasi 24 orang, yang terdiri dari 21 orang berhasil selamat, dan tiga orang dalam keadaan meninggal dunia. Sedangkan 164 orang masih dinyatakan hilang di perairan Danau Toba. (M Andimaz Kahfi)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved