Ini Pentingnya SKDS Bagi Para Pendatang Baru

Remon Mastadian menyatakan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) memiliki banyak manfaat bagi para pendatang baru.

Ini Pentingnya SKDS Bagi Para Pendatang Baru
WARTA KOTA/RANGGA BASKORO
Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Pusat Remon Mastadian 

KEPALA Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Pusat Remon Mastadian menyatakan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) memiliki banyak manfaat bagi para pendatang baru.

"Kita kan gatau ya di jalan, di mana terjadi sesuatu misalnya kecelakaan atau apa pun, mudah-mudahan tidak terjadi. Kalau dia punya SKDS pihak berwajib bisa mengantarkan dia ke alamat domisilinya. Kalau sekarang dia pegang di Depok atau Jawa berarti nganterinnya jauh, sementara dia misalnya berdomisili di sini sementara," ujar Remon di Jalan Salemba Bluntas, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (28/6).

Baca: Enam Tahun di Jakarta, Christianus Tak Mengerti Pentingnya SKDS

Oleh sebab itu, SKDS penting dimiliki bagi siapa pun pendatang baru yang bermukim di Jakarta, baik yang daerah asalnya jauh maupun di pinggiran Jakarta.

Baca: Sudin Dukcapil Jakpus Gelar Operasi Biduk 10 Juli Mendatang

"Betuk ketentuannya sesuai dengan Pergub 93 yaitu tentang administrasi kependudukan. Jadi bagaimana pemerintah daerah menata administrasi kependudukan agar setiap penduduk menjadi tertib administrasi kependudukannya di Jakarta. Sehingga kita tahu berapa orang yang bersifat sementara tinggal di Jakarta, berapa yang penduduk tetapnya," ujarnya.

Baca: Sudin Dukcapil Jakpus Sisir Pendatang Baru di Kelurahan Paseban

Sementara itu, Camat Senen Munjir Munaji menyatakan SKDS bagi aparat kepemerintahan berguna untuk mengantisipasi kerawanan kejahatan yang mungkin terjadi di suatu daerah. Kelengkapan data pendatang baru bisa mendeteksi secara dini terkait kepentingan seseorang bermukim di tempat tersebut.

"Gunanya untuk mengantisipasi kerawanan sosial, misalnya kerawanan ketertiban, banyak dari mereka yang pindah-pindah kos, tapi kami enggak tahu kepentingannya apa. Pencatatan ini juga berfungsi untuk antisipasi kegiatan terorisme. Jangan sampai di wilayah kami ini kecolongan," kata Munjir.

Sedangkan bagi pendatang baru, SKDS merupakan bentuk legalitas seorang pendatang baru agar tak dianggap asing oleh warga sekitar.

"Kalau untuk warganya sendiri dengan memiliki SKDS, berarti mereka punya legalitas, artinya sudah terdata paling tidak di kelurahan setempat. Legal dan illegal kan rasanya beda ya. Lebih nyaman kalau legal," ujarnya. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved