Gebyar Biduk Jaksel Dimulai 10 Juli, Diprediksi Jumlah Pendatang Baru Turun

Haris memprediksi, jumlah pendatang baru di Jaksel pada tahun ini akan mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Gebyar Biduk Jaksel Dimulai 10 Juli, Diprediksi Jumlah Pendatang Baru Turun
Tribunnews.com
ILUSTRASI Pendatang baru di Jakarta 

SUKU Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan akan menggelar gebyar biduk di setiap kecamatan di Jakarta Selatan mulai 10 Juli mendatang.

Kasudin Dukcapil Jakarta Selatan Abdul Haris menyatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mendata jumlah pendatang baru yang datang ke Jakarta pasca-Hari Raya Idul Fitri 2018. 

"Tujuannya untuk memastikan agar pendatang baru di Jakarta bisa terdata dengan jelas. Kami akan memulai Gebyar Biduk pada 10 Juli nanti di Kelurahan Cipulir dan akan bergiliran ke wilayah lainnya," kata Abdul Haris dihubungi Warta Kota, Senin (25/6).

Tradisi mudik lebaran, sejak lama, menjadi pintu masuk bagi pendatang baru ke Jakarta. Pada arus balik lebaran, biasanya pendatang baru datang mengikuti kerabat atau rekan mereka yang sebelumnya sudah bekerja di ibukota.

"Pada dasarnya siapapun boleh datang dan mencari kerja di Jakarta. Tapi yang menjadi masalah ketika pendatang baru itu tidak punya skill dan belum punya pandangan mau kerja di mana. Justru itu nanti akan menambah jumlah pengangguran baru," imbuh Haris.

Dalam gebyar Biduk nanti, kata Haris, para pendatang baru selain didata juga akan diarahkan untuk membuat Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS).

Haris memprediksi, jumlah pendatang baru di Jaksel pada tahun ini akan mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini berkaca pada hasil pemantauan di terminal Lebak Bulus selama arus balik.

"Diperkirakan menurun kalau melihat hasil sosialisasi kita selama beberapa hari di Terminal Lebak Bulus," ungkapnya

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved