Mudik 2018

Lebih Fokus di Perjalanan, Khairudin Sumringah Mudik Gratis dengan Kapal Laut

KM Dobonsolo yang membawa para peserta mudik gratis dengan kapal laut, tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (23/6).

Lebih Fokus di Perjalanan, Khairudin Sumringah Mudik Gratis dengan Kapal Laut
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Kedatangan KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (23/6/2018) 

KM Dobonsolo yang membawa para peserta mudik gratis dengan kapal laut, tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (23/6).

Salah satunya adalah Khairudin (49) yang baru saja pulang dari kampung halamannya di Pacitan, Jawa Timur.

Khairudin menceritakan pengalamannya mudik gratis dengan kapal laut.

Ia mengaku lebih banyak menyimpan tenaga selama di dalam kapal untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke kampung halaman dengan motor.

“Saya mudik dari Jakarta ke Pacitan, Jawa Timur. Tapi naik kapalnya cuma sampai Semarang, abis itu lanjut naik motor lima jam. Nggak ada masalah, justru kita jadi fokus karena pas di kapal lebih banyak istirahat,” katanya, Sabtu (23/6/2018).

kedatangan KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (23/6)
kedatangan KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (23/6) (Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan)

Menurut Khairudin, ini adalah pengalaman kelima kalinya mudik ke kampung halaman menggunakan kapal laut. Hanya saja untuk tahun ini, antusias masyarakat terlihat mengalami peningkatan.

“Orangnya makin banyak, udah gitu tahun ini proses masuknya agak ngantri. Kalau dulu kan main masuk aja, langsung, nggak pakai ngantri,” sambungnya.

Khairudin membutuhkan waktu lebih dari 12 jam dalam perjalanan pulang dari Semarang menuju Jakarta.

Sementara itu Khairudin pun merasa puas dengan fasilitas yang tersedia di dalam kapal meski harus tidur di lantai dengan ranjang seadanya.

Manager PR dan CSR PT Pelni (Persero) Akhmad Suajdi mengatakan KM. Dobonsolo yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok mengangkut sebanyak 1.530 peserta mudik gratis dengan 648 unit motor.

“Hari ini merupakan pelayaran terakhir angkutan mudik gratis sepeda motor yang berlangsung sejak Sabtu (9/6) kemarin dari Jakarta- Semarang-Jakarta,” ucapnya.

Selain KM. Dobonsolo, berturut-turut akan tiba KM. Camara Nusantara (Canus) dan KM. Sabuk Nusantara (Sanus) di Pelabuhan Tanjung Priok. Selain KM. Dobonsolo, ada 2 KM. Canus dan 4 KM. Sanus yang mengangkut 634 motor 1.406 orang.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved