Keterampilan Warga Pendatang Baru di Jakarta Segera Disidak

Sudin Dukcapil Kota Jakarta Pusat akan menggelar layanan bina kependudukan (Biduk) di Jakarta Pusat pasca lebaran Idul Fitri.

Keterampilan Warga Pendatang Baru di Jakarta Segera Disidak
Warta Kota
Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan mencatat sebanyak 16.277 pendatang baru menyerbu wilayah Jakarta Selatan sejak momentum arus balik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah. Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Abdul Haris menyatakan, para pendatang baru berasal dari sejumlah wilayah. Angka terbesar dari beberapa provinsi di Pulau Jawa. 

SUKU Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jakarta Pusat akan menggelar layanan bina kependudukan (Biduk) di Jakarta Pusat pasca lebaran Idul Fitri.

Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, mengatakan Pemkot Jakarta pusat akan memprioritaskan wilayah yang menjadi lokasi venue Asian Games 2018 untuk dilakukan layanan bina kependudukan (biduk).

"Khususnya di Kemayoran kita akan intensifkan dan prioritaskan, selain wilayah yang memang menjadi tujuan urban paling banyak," ujarnya, Jumat (22/6).

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jakarta Pusat, Remon Mastadian mengatakan, layanan bina kependudukan yang bertujuan mendata pendatang baru sekaligus ketertiban administrasi kependudukan ini akan diprioritaskan di wilayah yang pendatangnya paling banyak.

Sesuai pemantauan masing-masing kelurahan dan kecamatan setempat. Wilayah yang biasanya dipadati oleh pendatang baru melingkupi Kecamatan Kemayoran, Kecamatan Tanah Abang dan Kecamatan Senen.

"Kita akan gelar mulai tanggal 28 Juni hingga November mendatang di delapan kecamatan, semua kita layani termasuk pembuatan surat keterangan domisili sementara (SKDS) bagi yang tinggal sementara dan tidak ingin menetap," terangnya.

Dirinya mengimbau kepada pendatang baru sebelum ke Jakarta menyiapkan berkas-berkas kependudukan dan identitas diri serta keterampilan agar tidak menjadi beban bagi keluarga yang ditinggali dan pemerintah kota.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved