Stok Darah PMI Kosong, Keluarga Kumpulkan Pendonor Darah Sendiri

KOSONGNYA stok darah di beberapa Rumah Sakit membuat keluarga pasien datang ke Palang Merah Indonesia (PMI ) Pusat.

Stok Darah PMI Kosong, Keluarga Kumpulkan Pendonor Darah Sendiri
ANGGIE LIANDA PUTRI
Laura mendonorkan darah untuk keluarganya yang membutuhkan di PMI Pusat, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (21/6/2018). 

KOSONGNYA stok darah di beberapa Rumah Sakit membuat keluarga pasien datang ke Palang Merah Indonesia (PMI ) Pusat.

Namun stok darah di PMI Pusat pun menipis bahkan kosong sejak awal bulan Ramadan lalu.

Sehingga jika ada pasien membutuhkan darah, keluarga harus siap mencari dan memberi sesuai golongan darah yang dibutuhkan.

Laura, warga Jakarta Barat bersama empat keluarganya sengaja datang ke PMI untuk memberikan darah ke saudaranya yang membutuhkan pasca operasi Miom.

"Kita dapat surat rujukan dari RS Husada ke PMI ini untuk kakak sepupuku yang lagi butuh 1 liter darah golongan O," ujar Laura kepada Warta Kota, Kamis (21/6/2018).

Ia mengatakan saudaranya membutuhkan sekitar empat sampai lima orang pendonor agar kebutuhannya terpenuhi dan darah diproses selama 24 jam baru bisa ditransfusikan ke pasien yang membutuhkan.

"Aku diambil dulu darahnya sekarang, diobeservasi dulu bisa atau enggak di transfusi ke pasien, kalau bisa langsung digunakan untuk operasi besok. Katanya harus nunggu dulu diproses sampai 24 jam," kata Laura.

Hal serupa juga dialami Rahmat, ia datang ke PMI untuk memberikan darah ke sang Ibu yang akan menjalani operasi esok hari.

"Besok mama operasi jadi butuh darah sedangkan di RS Polri habis, dirujuklah kesini. Tapi stok darah kan kosong ya katanya, jadi keluarga yang jadi pendonor," ucap Rahmat.

Orang tua Rahmat membutuhkan dolongan darah AB sebanyak tiga kantong. Namun hingga saat ini ia masih kekurangan satu pendonor.

"Mama butuh tiga kantong tapi baru saya dan bude. Sodara enggak ada lagi yang golongan darahnya AB. Makanya saya masih tanya ke teman-teman," katanya.

Melihat tingginya kebutuhan dan tipisnya stok darah, Rahmat berharap masyarakat bisa menyumbangkan darahnya lewat PMI.

"Saya harap masyarakat banyak yang ikut donor darah. Datang ke PMI karena stok darah di PMI lagi kosong. Saling membantu untuk yang membutuhkan," katanya.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved