Breaking News:

Drone Selamatkan Kakek Renta Tersesat di Hutan Alang-Alang Berawa

SEORANG pria berusia 75 tahun di Inggris terselamatkan setelah sempat hilang nyaris selama 24 jam.

THE INDEPENDET / NORFOLK POLICE
Tangkapan layar rekaman drone saat menemukan pria yang hilang di tengah tanaman alang-alang di Inggris. 

SEORANG pria berusia 75 tahun di Inggris terselamatkan setelah sempat hilang nyaris selama 24 jam saat tengah berjalan-jalan bersama keluarganya.

Peter Pugh, terpisah dari kelompoknya saat berjalan-jalan bersama di dekat pantai di desa Titchwell, Norfolk, Inggris sekitar pukul 17.10 sore, pada Sabtu (16/6/2018).

Pihak keluarga berusaha mencari, namun setelah tidak berhasil menemukannya, mereka melapor ke kepolisian. Kepolisian Norfolk mengerahkan tim pencarian dengan dibantu kapal sekoci, dan penjaga pantai.

Akhirnya, tim berhasil menemukan pria itu setelah menerbangkan drone atau pesawat tanpa awak melintasi daerah dengan tanaman alang-alang tinggi.

Peter terperangkap di jalan rawa di antara tanaman alang-alang tinggi dan baru ditemukan pada Minggu (17/6/2018) sekitar pukul 14.35.

Sersan Danny Leach, yang mengendalikan drone, akhirnya menuntun tim penjaga pantai dan petugas pemadam kebakaran ke lokasi Peter terjebak.

Saat ditemukan petugas, Peter terjebak di lumpur dalam dan terbenam hingga batas pinggang. Setelah akhirnya dapat dibebaskan, dia segera dibawa ambulans udara ke Rumah Sakit Queen Elizabeth di kota King's Lynn.

Dia dilaporkan mengalami hipotermia atau suhu tubuh menurun. "Tidak diragukan lagi bahwa tanpa drone itu polisi tidak akan dapat menemukannya dengan lebih cepat," kata Sersan Alex Bucher, yang membantu mengoordinasikan operasi pencarian.

"Drone polisi memungkinkan kami melakukan pencarian di area yang sulit diakses secara langsung dan dalam jarak dekat yang tidak mungkin dilalui helikopter," tambahnya.

Pencarian tersebut mengerahkan sekitar 50 personil. Melansir The Independent, kepolisian Norfolk mulai menguji coba penggunaan drone mulai tahun lalu.

Perangkat itu dimanfatkan dalam proses pencarian orang hilang, pengambilan foto lokasi kejadian, serta penyelidikan di wilayah pedalaman.(Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terjebak di Rawa-rawa Hampir 24 Jam, Pria Ini Selamat Berkat "Drone".

Penulis : Agni Vidya Perdana
Editor : Agni Vidya Perdana

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved