Mudik 2018

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Cek Kelaikan Bus di Terminal Lebak Bulus

Sejak Kamis (7/6/2018) hingga Minggu (24/6/2018) membuka Posko Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Lebaran di Terminal Bantuan Lebak Bulus

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Cek Kelaikan Bus di Terminal Lebak Bulus
Warta Kota/Feryanto Hadi
Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan sejak Kamis (7/6/2018) hingga Minggu (24/6/2018) membuka Posko Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Lebaran di Terminal Bantuan Lebak Bulus kepada bus-bus yang akan beroperasi sebagai angkutan mudik. 

WARTA KOTA, CILANDAK---Menyambut arus mudik Idul Fitri 1439 H, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan dan Terminal Lebak Bulus melakukan persiapan guna melayani para pemudik menuju kampung halaman dengan mengerahkan 17 personel.

Christianto, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, mengatakan, sejak Kamis (7/6/2018) hingga Minggu (24/6/2018) membuka Posko Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Lebaran di Terminal Bantuan Lebak Bulus kepada bus-bus yang akan beroperasi sebagai angkutan mudik.

Baca: PT Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta Memperkirakan Puncak Arus Mudik di Tol JORR Hari Ini

"Adanya posko ini untuk mengantisipasi tingkat kecelakaan saat perjalanan. Dimulai dari melakukan pengawasan kelengkapan surat surat dan kelaikan jalan," kata Christianto, Jumat (8/6/2018).

Pihaknya juga akan memastikan kondisi bus-bus yang akan beroperasi kondisi laik jalan dan sopir yang bertugas membawa penumpang ke kota tujuan.

"Demi keselamatan dan kenyamanan penumpang, kami akan cek kelaikan bus termasuk memeriksa kondisi kesehatan sopirnya," katanya.

Baca: Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara Diperkirakan 13 Juni 2018

Terminal Lebak Bulus ditetapkan menjadi salah satu terminal yang diperbantukan untuk layanan mudik tahun ini, selain empat terminal bantuan lainnya.

Lima terminal bantuan untuk mengangkut warga yang mudik mulai dioperasikan pada H-8 Lebaran.

Hal ini dilakukan untuk memecah kepadatan pemudik di empat terminal utama.

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan sejak Kamis (7/6/2018) hingga Minggu (24/6/2018) membuka Posko Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Lebaran di Terminal Bantuan Lebak Bulus  kepada bus-bus yang akan beroperasi sebagai angkutan mudik.
Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan sejak Kamis (7/6/2018) hingga Minggu (24/6/2018) membuka Posko Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Lebaran di Terminal Bantuan Lebak Bulus kepada bus-bus yang akan beroperasi sebagai angkutan mudik. (Warta Kota/Feryanto Hadi)

Kepala UPT Terminal Dinas Perhubungan DKI, Mohammad Faisol, mengatakan, pengoperasian lima terminal bantuan ini dilakukan rutin setiap tahun

"Lima terminal bantuan kami operasikan pada H-8 atau Kamis (7/6/2018). Sehingga kami harapkan tidak terjadi penumpukan penumpang pada terminal-terminal utama," kata Faisol.

Menurut Faisol, lima terminal bantuan yang akan dioperasikan itu adalah Terminal Pinangranti, Muara Angke, Grogol, Lebak Bulus, dan Rawamangun.

Baca: Ada Beberapa Hal Membuat Mudik 2018 Jauh Lebih Berat

Kelima terminal bantuan ini sudah rutin dioperasikan setiap tahun.

"Dengan dioperasikannya lima terminal bantuan ini warga memiliki alternatif. Bisa naik dari terminal terdekat dan memilih armada yang akan digunakan untuk mudik," katanya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved