Breaking News:

Danpusterad Bersama Jajaran Peringati Nuzulul Quran dengan Gelar Bukber Yatim Piatu

Pusterad menggelar acara buka puasa bersama yang juga memberikan bingkisan ratusan yatim piatu.

Editor: Gede Moenanto
Warta Kota
Tampak hadir dalam kegiatan ini, para pejabat lingkungan Pusterad di antaranya Wakil Komandan Pusterad Brigjen TNI Joko Warsito, Sekretaris Pusterad Kolonel Inf Toto Nurwanto, Ir Pusterad, Para Staf Ahli, sejumlah direktur, serta Komandan Satuan Intelijen Teritorial Pusterad. 

SEBAGAI wujud kepedulian kepada anak yatim piatu, dalam bulan suci Ramadan penuh dengan berkah dan pahala, dengan menyisihkan rezeki sebagai perintah Rosul, telah digelar acara buka puasa bersama yang juga memberikan bingkisan ratusan yatim piatu, Kamis (7/6/2018) petang.

Bertempat di Masjid Al-Ikhlas Markas Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad), Jaktim. 

Penyelenggaraan acara itu adalah Danpusterad Mayor Jenderal TNI Hartomo beserta segenap keluarga besar Pusterad.

Danpusterad, dalam sambutan tertulisnya mengatakan, dimensi vertikal, keistimewaan yang paling utama di bulan suci Ramadhan adalah terdapatnya Lailatul Qadar atau satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, di mana segala amal ibadah dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

"Turunnya kitab suci Al Quran yang dikenal dengan Nuzulul Quran merupakan salah satu keistimewaan bulan Ramadan sebagai sebuah momentum diberikannya manusia sebuah panduan untuk keluar dari gelapnya kebodohan kepada ketinggian ilmu pengetahuan dan Marifah serta cahaya kebenaran," ujar Mayjen TNI Hartomo.

Sedangkan dimensi Horizontal, kata dia, bulan Ramadan ini sarat dengan makna pengendalian diri, baik dari berbagai perbuatan yang dilarang oleh ajaran agama, maupun berbagai perilaku yang memiliki dampak negatif bagi lingkungan sosial.

"Semangat toleransi, saling membantu serta saling menghormati sangat erat melekat pada pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan," katanya.

Karena itu, Hartomo mengajak sejumlah pihak untuk menjadikan ibadah puasa Ramadan tahun ini sebagai sebuah momentum untuk bermuhasabah atau mengevaluasi diri, terhadap berbagai hal yang telah berlalu, serta meneguhkan niat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik di masa depan sesuai dengan tema Ramadan yaitu dengan hikmah puasa Ramadan, Nuzulul Quran, dan Idul Fitri 1439 H/2018 M, maka ditingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas pokok TNI.

"Kita di bulan puasa ini agar lebih lagi membiasakan baca Al Quran apalagi saat Nuzulul Quran, dengan rajin membaca Al Quran, walaupun hanya satu ayat dan jagalah perasaan anak kecil sebagai generasi penerus, jangan sampai mereka kecewa karena ketidakpedulian orang dewasa," katanya.

Acara itu berlangsung khidmat diawali dengan pembukaan oleh PNS Rahma Miske R dilanjutkan pembacaan kalam Ilahi dan Saritilawah oleh PNS Syarifudin Zuhri dan PNS Endang Suyuti SE, pemberian Zakat Fitrah, THR, bingkisan Hari Raya, serta santunan kepada Yatim Piatu secara simbolis dilakukan Danpusterad.

Kegiatan itu dirangkai dengan ceramah Nuzulul Qur’an dan do'a buka puasa oleh Ustadz Aay Muhamad Furqon MSi.

Penceramah mengingatkan bahwa sebagai generasi penerus bangsa, maka diharapkan untuk meneladani nilai perjuangan Panglima Besar Sudirman.

Dalam kegiatan ini tampak hadir para pejabat lingkungan Pusterad di antaranya Wakil Komandan Pusterad Brigjen TNI Joko Warsito, Sekretaris Pusterad Kolonel Inf Toto Nurwanto, Ir Pusterad, Para Staf Ahli, sejumlah direktur, serta Komandan Satuan Intelijen Teritorial Pusterad.

Di penghujung acara dilaksanakan makan malam bersama, sholat Tarawih berjama'ah dan pembagian Zakat Fitrah, THR, bingkisan Hari Raya serta Santunan kepada anak Yatim Piatu dari Danpusterad.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved