Tong Sampah Jerman yang Tuai Kisruh di Medsos Warisan Ahok

SALAH satu model tong sampah yang ada di Jakarta menjadi perbincangan di media sosial.

Tong Sampah Jerman yang Tuai Kisruh di Medsos Warisan Ahok
KOMPAS.com/NURSITA SARI
Pedangan durian membuang sampah ke tong sampah buatan Jerman di Jalan Raya Kalibata, Jakarta Selatan. Foto diambil Senin (4/6/2018). 

SALAH satu model tong sampah yang ada di Jakarta menjadi perbincangan di media sosial.

Alasannya, tong sampah yang dibeli Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu buatan Jerman.

Model tong sampah tersebut bisa dilihat di beberapa ruas jalan Ibu Kota. Salah satunya, di Jalan Raya Kalibata, dekat Sentra Durian Kalibata.

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Senin (4/6/2018) petang, ada enam tong sampah yang ditaruh di trotoar depan sentra durian tersebut.

Dua tong sampah ditaruh berdempetan di ujung trotoar. Empat tong sampah lainnya juga ditaruh berdempetan, berjarak lebih kurang 80 meter dari dua tong sampah sebelumnya.

Tong sampah itu berbahan fiber. Warnanya hijau tua. Ada satu tong sampah yang tutupnya berwarna oranye. Terdapat tulisan "Dinas Kebersihan TA 2016" di bagian depan tong sampah tersebut.

Artinya tong sampah itu merupakan pengadaan tahun anggaran 2016 dimana Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Seluruh tong sampah itu dilengkapi empat roda di bagian bawahnya. Sementara di bagian samping tampak seperti pegangan. Kondisi tong sampah itu tampak kotor.

Kepala Satuan Pelaksana Dinas LH Kecamatan Pancoran, Suryana, mengatakan, total ada 16 tong sampah buatan Jerman yang ada di Kecamatan Pancoran.

Suryana memaparkan, pengangkutan sampah dari tong tersebut tidak memerlukan tenaga manusia. Petugas cukup mendorong tong sampah beroda itu ke truk kompaktor dan mengaitkannya ke kait hidrolik.

Halaman
12
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved