Mau Mudik? Simak Pesan dari Pak Anies

Baik pengemudi transportasi umum dan para pemudik harus memperhatikan kesehatan sebelum pergi menuju tempat tujuan.

Mau Mudik? Simak Pesan dari Pak Anies
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah warga yang melakukan mudik dengan KA sudah memenuhi Stasiun KA Senen agar bisa mudik ke kampung halaman mereka. 

TIDAK terasa, sepuluh hari lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Fitri.

Mudik merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia untuk mengisi libur Idul Fitri dengan pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan baru saja melaksanakan rapat Forkompinda terkait persiapan jelang musim lebaran.

Beberapa hal yang dibahas oleh Anies, salah satunya adalah persiapan bagi warga Jakarta yang akan mudik.

Anies menurutkan bahwa baik pengemudi transportasi umum dan para pemudik harus memperhatikan kesehatan sebelum pergi menuju tempat tujuan.

Dirinya menyarankan untuk memeriksa kesehatan di Puskesmas sebelum pergi dan apabila ada gangguan kesehatan atau sakit, Pemprov DKI Jakarta memberikan fasilitas berobat secara gratis.

"Bila ada kondisi kesehatan yang kurang baik, datang ke puskesmas maka semua puskesmas siap melayani calon pemudik dan itu semua diberikan secara gratis termaksud diberikan pengobatan bila akan mudik dan masih terasa kurang sehat," ujar Anies di Gedung Promoter Polda Metro, Jakarta Selatan, Selasa (5/6/2018).

Hal ini ditegaskan karena melihat tingkat kecelakaan lalu lintas yang tinggi akibat kondisi pengemudi yang tidak sehat.

"Hal ini nampaknya kecil tapi kita tadi mendengar dalam paparan banyak sekali kecelakaan lalulintas yang muncul karena kelelahan, karena tidak fit karena itu dipastikan kesehatan menjadi prioritas," jelasnya.

Selain itu Anies juga memintanya kepada masyarakat untuk memastikan kondisi rumah yang ditinggalkan dalam kondisi aman.

"Aman ini dua aspek aman dalam artian memang ada penjagaan yang baik. Yang kedua aman dalam artian listrik dimatikan tidak ada gas yang nyala semua yang terkait keselamatan itu diperhatikan dengan baik," tutur Anies.

Dan yang terakhir, Pemprov DKI Jakarta masih memberikan fasilitas penitipan kendaraan bermotor roda dua bagi masyarakat Jakarta yang tidak menggunakan kendaraannya saat mudik.

"Terkait dengan penitipan kendaraan bermotor. Setiap kantor kelurahan nanti akan siap untuk menjadi tempat penitipan bila mereka pulang tidak menggunakan kendaraan bermotor. Jadi kantor-kantor kelurahan akan terus tetap menjadi tempat untuk penitipa," tutur Anies.

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved