Turis Malaysia Terbanyak Kunjungi Indonesia, Kalahkan Turis China

"Paling banyak berasal dari Malaysia dengan jumlah 215.300 kunjungan atau 16,56 persen," kata Kepala BPS

Turis Malaysia Terbanyak Kunjungi Indonesia, Kalahkan Turis China
Kompas.com/Kristianto Purnomo
Pengunjung mengabadikan keindahan di lokasi wisata Bukit Cinta, Pasuruan. Bukit Cinta menjadi alternatif menyaksikan matahari terbit di kawasan wisata Gunung Bromo. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan turis asing terbanyak pada April 2018 di Indonesia adalah mereka yang berkebangsaan Malaysia. Turis asal Malaysia menempati urutan pertama jumlah kunjungan turis asing terbanyak setelah menyalip turis China sejak Maret 2018. "Paling banyak berasal dari Malaysia dengan jumlah 215.300 kunjungan atau 16,56 persen," kata Kepala BPS Suhariyanto saat konferensi pers mengenai perkembangan pariwisata nasional pada April 2018 di kantornya, Senin (4/6/2018).

Suhariyanto melanjutkan, di posisi terbanyak kedua adalah turis asal China, dengan total 185.200 kunjungan selama April 2018 atau setara dengan 14,24 persen. Kemudian disusul oleh kunjungan dari turis asal Timor-Leste 150.800 kunjungan (11,60 persen), Singapura 128.700 kunjungan (9,89 persen), dan Australia 101.600 kunjungan (7,81 persen).

Kondisi yang serupa telah terjadi pada Maret 2018. Turis asal Malaysia mendominasi kunjungan turis asing di Indonesia, ketika sebelumnya jumlah kunjungan terbanyak turis asing ke Indonesia adalah dari China. Meski sudah dua bulan berturut-turut Malaysia menyalip China, menurut Suhariyanto, belum bisa disimpulkan bahwa kunjungan turis Malaysia kini lebih banyak ketimbang dari China.

"Perlu dicek dalam beberapa bulan untuk meyakinkan itu, apakah betul turis Malaysia menggeser China. Tapi, untuk bulan April, kenapa bisa lebih tinggi karena ada beberapa direct flight dari Malaysia ke Indonesia, ada pembukaan rute baru," tutur Suhariyanto.

Rute baru yang dimaksud adalah penerbangan satu langsung atau direct flight, seperti rute Pontianak-Miri atau Pontianak-Kuching. Ditambah lagi hitungan masuknya turis mancanegara dari Pos Lintas Batas Negara di Entikong, Kalimantan Barat, yang dinilai turut memudahkan wisatawan asal Malaysia masuk ke Indonesia. "Itu salah satu faktor yang memudahkan turis Malaysia untuk datang ke sini. Rute direct biasanya besar, tapi untuk konklusi Malaysia mengalahkan dominasi China, harus dilihat dalam beberapa bulan ke depan," ujar Suhariyanto.

BPS mencatat jumlah kunjungan turis asing atau wisatawan mancanegara per April 2018 sebesar 1,30 juta kunjungan, naik 11,04 persen dibanding jumlah kunjungan pada April 2017 lalu sebesar 1,17 juta kunjungan. Meski dengan periode yang sama tahun lalu mengalami kenaikan, jumlah wisatawan mancanegara pada April terhadap Maret 2018 turun sebesar 4,59 persen. ––

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Turis Malaysia Salip Dominasi Turis asal China di Indonesia",

Penulis : Andri Donnal Putera
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved