Melihat Kesiapan Jalan Tol Fungsional untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018

Jasa Marga menyiapkan 147,17 kilometer jalan tol yang baru beroperasi dan sepanjang 52,35 kilometer jalan tol yang sudah siap beroperasi.

Melihat Kesiapan Jalan Tol Fungsional untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018
Tribun Jateng
Pembangunan jalan tol Semarang-Batang tepatnya di Beringin, Ngaliyan, Kota Semarang. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Untuk melayani arus mudik dan balik Lebaran 2018, PT Jasa Marga Tbk, mempersiapkan untuk meningkatkan pelayananya.

Jasa Marga menyiapkan 147,17 kilometer jalan tol yang baru beroperasi dan sepanjang 52,35 kilometer jalan tol yang sudah siap beroperasi.

Di samping itu, juga terdapat 207,85 kilometer jalan tol yang akan beroperasi fungsional khusus melayani arus mudik dan balik tahun ini yang terdiri dari lima ruas tol.

Baca: Awas, Penerangan di Ruas Tol Fungsional Masih Kurang

Kelima ruas jalan tol yang akan beroperasi fungsional tersebut adalah Jalan Tol Semarang-Batang 75 kilometer, Salatiga-Kartasura sepanjang 32,24 kilometer, Sragen-Ngawi 51 kilometer, Wilangan-Kertosono 37,51 kilometer, dan ruas tol Pandaan-Malang yang terdiri dari dua seksi yaitu IC yang menghubungkan Pandaan-Lemahbang 5 kilometer dan seksi III yang menghubungkan Sumber Wuni-Singosari sepanjang 7,1 kilometer.

Progres ruas fungsional tol:

1. Semarang-Batang

Arie Irianto, Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang, mengatakan, progres konstruksi jalan tol sepanjang 75 kilometer itu sudah mencapai 83 persen hingga 29 Mei 2018.

Kondisi proyek ini sudah dalam pengerasan rigid sepanjang dua lajur satu arah sepanjang 58 km dan sudah bisa dilalui secara fungsional mulai H-7 sampai H+7 lebaran 2018.

Jalan tol ini akan memiliki akses keluar masuk dari Kandeman, Weleri, Kaliwungu, dan Kaprak. Dengan progres pekerjaan pengerasan rigid baru 58 kilometer, maka Jasamarga Semarang Batang akan menggunakan lajur di arus yang berlawanan sehingga sepanjang 75 km bisa dilalui.

Baca: Jalan Tol dari Tegal ke Semarang Sepanjang 113 Kilometer Sifatnya Fungsional

Saat ini, Jasamarga Semarang Batang juga tengah melakukan pembangunan Jembatan Kali Kuto sepanjang 160 meter di ruas tol tersebut.

Halaman
123
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved