Pasar Murah Meriah Ciracas Diserbu Warga

Selain bazar kebutuhan pokok, ada beberapa bazar yang juga menjual aneka kue lebaran oleh binaan OK OCE

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ahmad Sabran
Warta Kota
Pasar Murah digelar di halaman kantor Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (2/6) 

Adanya pasar murah tentunya sangat membuat kalangan masyarakat merasa terbantu, menginggat kondisi saat ini kenaikan harga kebutuhan pokok mulai terjadi.

Seperti yang terjadi di Pasar Murah yang digelar di halaman kantor Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (2/6). Pasar murah ini melibatkan lima pelaku usaha binaan OK OCE dan 10 perusahaan swasta serta asosiasi perdagangan.

Kurang lebih sebanyak 15 stand berderet rapi menampilkan beberapa aneka kebutuhan para ibu rumah tangga, seperti Berasr, Terigu, Gula pasir, minyak goreng.

Tentunya hal tersebut membuat beberapa warga sekitar pun langsung berbondong-bondong datang dan membeli kebutuhan pokok tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Lastri (52) salah seorang warga, ia mengaku bahwa dirinya datang ke tempat tersebut setelah mendapatkan informasi jika adanya pasar murah. Tak mau menyia-nyiakan hal tersebut ia pun datang dengam beberapa tetangga lainnya.

"Kebetulan aja, kan tadi dikasih tahu kalo ada bazar, ya udah langsung ke sini, beli tepung sama gula, mau buat gorengan buat buka nanti," kata Lastri, Sabtu (2/6/2018).

Menurutnya harga yang ditawarkan terbilang masih terjangkau dan murah, sesuai dengan rencana bazar tersebut, walau begitu dirinya berharap bazar seperti ini dapat sering-sering dilakukan.

"Kalo kayak gini otomatis ibu-ibu pada dukung ya, karena bazar murah yang selalu di cari, apa lagi beberapa kebutuhan pokok mulai pada naik," katanya.

Tak hanya itu, hal serupa juga dikatakan Jamilah (42), seorang warga Ciracas mengaku sangat terbantu adanya pasar murah ini. Sebab harga yang dijualnya memang jauh lebih murah. Karenanya ia membeli banyak kebutuhan pokok untuk stok jelang lebaran nanti.

Pasar murah yang digelar itu juga momentumnya dinilai sangat tepat karena jelang lebaran dan harga-harga mulai naik.

"Sangat terbantu adanya pasar murah ini. Karena harganya benar-benar murah dan kita bebas membeli kebutuhan pokok tanpa ada batasan. Jadi kalau ada uang banyak bisa memborong untuk stok lebaran nanti," kata Jamilah.

Sementara itu, Kasudin Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Jakarta Timur, Syamsu Rizal Kadafi mengatakan, pasar murah ini digelar untuk kestabilan harga pangan.

Kegiatan ini kerjasama Dinas KUKMP DKI dengan 10 perusahaan swasta, BUMD dan asosiasi perdagangan. Pasar murah digelar hanya sehari. Namun sebelumnya juga sudah digelar beberapa kali di sejumlah lokasi.

"Kegiatan pasar murah ini digagas Dinas KUKMP DKI kerjasama dengan perusahaan swasta, asosiasi dan BUMD. Bahkan binaan OK OCE kecamatan juga ikut andil bagian," kata Rizal.

Selain bazar kebutuhan pokok, ada beberapa bazar yang juga menjual aneka kue lebaran oleh binaan OK OCE Kecamatan Ciracas. Bahkan ada juga deterjen dan biskuit.

Kepala Dinas KUKMP DKI, Irwandi mengatakan pasar murah seperti ini digelar di lima wilayah ibukota dengan waktu yang berbeda-beda. Diharapkan pasar murah dapat membantu warga dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Sebab harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding harga pasaran.

"Dalam setiap kegiatan pasar murah, para binaan OK OCE juga kita libatkan. Jadi mereka bukan hanya mengikuti teori namun juga langsung uji coba terjun ke masyarakat, menjual aneka produk yang dibuatnya," kata Irwandi.

Pihaknya meminta pada kelurahan dan kecamatan untuk membantu para pelaku usaha binaan OK OCE ini dallam memasarkan produknya. Sehingga pelatihan yang diberikannya itu dapat diterapkan langsung di masyarakat.

Sementara, harga yang ditawarkan di pasar murah ini relsrif lebih murah dibanding harga pasar. Misalnya, minyak goreng kemasan 1 liter Rp 11 ribu, tepung terigu 3 kilogram Rp 20 ribu, telur ayam 2 kilogram Rp 45 ribu, ayam broiler Rp 32 ribu per potong. Kemudian gula pasir Rp 10 ribu per kilogram, beras kemasan 5 kilogram Rp 42.500 dan sebagainya. (JOS)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved