Breaking News:

Mudik 2018

Banyak Penumpang Cancel, Stasiun Gambir Tambah Loket Pembatalan Tiket

Sesuai peraturan PT Kereta Api Indonesia (KAI), pembatalan tiket akan dikenakan biaya sebesar 25 persen dari harga yang tercantum.

Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Suasana penumpang yang antre untuk pembatalan tiket di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6/2018). 

BANYAKNYA calon penumpang yang akan membatalkan tiket untuk mudik lebaran nanti, membuat Stasiun (St) Gambir menambahkan satu loket khusus.

"Kalau untuk penambahan loket itu sudah kita tambahkan. Biasanya cuma dua loket, sekarang ada tiga," ujar Kepala Stasiun Gambir, Rizki Afrida saat ditemui Warta Kota di St Gambir Jakarta Pusat, Sabtu (2/6/2018).

Kepala Stasiun Gambir, Rizki Afrida dan Executive Vice Presiden KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rusdiansyah saat ditemui Warta Kota di St Gambir, Sabtu (2/6).
Kepala Stasiun Gambir, Rizki Afrida dan Executive Vice Presiden KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rusdiansyah saat ditemui Warta Kota di St Gambir, Sabtu (2/6). (Warta Kota/Anggie Lianda Putri)

Ia belum bisa memastikan alasan apa yang membuat para penumpang membatalkan tiket yang telah dipesannya sejak dua hingga tiga bulan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Cancel itu banyak alasannya bisa jadi karena mendapat tiket mudik gratis atau menggunakan moda lain, maka otomatis mereka membatalkan," ujar Rizki.

Namun pembatalan tidak akan membuat kursi kereta banyak yang kosong, sebab saat penumpang melakukan pembatalan, masih banyak penumpang lain yang mengantre.

Baca: Soal Kereta Layang Rute Empat Stasiun Harus Dibuat Studi Kelayakannya

Baca: Kereta Bandara Terapkan Aturan Baru Soal Bawa Makanan Selama Ramadan

Baca: Angkernya Terowongan Kereta di Jawa

"Walaupun mereka cancel bukan berarti tempat duduk itu kosong. Ini kan sistemnya online, jadi begitu ada yang membatalkan, masih banyak yang menunggu untuk booking," katanya.

Dari pantauan Warta Kota, hingga pukul 15.30 WIB masih banyak penumpang yang mengantre untuk pembatalan keberangkatan.

"Saya dari jam sebelas disini dapat nomor 637, sekarang aja masih setengahnya (344)," ujar Dwi Warga Bekasi.

Baca: Ini Dia Tarif Pengiriman Sepeda Motor ke Jawa, Bali, dan Sumatera

Ia dan keluarganya lebih memilih mudik ke Semarang dengan menggunakan mobil pribadi, sebab suaminya mendapat libur H-3 lebaran, sedangkan tiket yang dipesannya untuk tanggal 11 Juni 2018.

"Mau tidak mau kita batalkan. Jadinya naik mobil saja yang penting berangkatnya bareng," katanya.

Sesuai peraturan PT Kereta Api Indonesia (KAI), pembatalan tiket akan dikenakan biaya sebesar 25 persen dari harga yang tercantum.

Sementara pengembalian uang akan diterima penumpang 30 hari setelah pengajuan pembatalan disahkan. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved