Sarana Prasarana

Perbaikan Turap di Sepanjang Kali di Jalan Tanah Baru Depok Butuh Dana Rp 40 Miliar

Dari hitungan kami kemarin, anggaran untuk perbaikan turap seluruhnya di Jalan Tanah Baru ini cukup tinggi. Mencapai Rp 40 miliar.

Perbaikan Turap di Sepanjang Kali di Jalan Tanah Baru Depok Butuh Dana Rp 40 Miliar
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Wali Kota Depok Mohammad Idris usai meninjau turap longsor Jalan Tanah Baru di Kampung Poncol, RT 001/001, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Depok, Kamis (31/5/2018). 

WARTA KOTA, DEPOK---Rencana perbaikan turap Kali Cabang Tengah  di sepanjang Jalan Tanah Baru, di Kecamatan Pancoranmas dan Kecamatan Beji, Kota Depok, bakal menelan dana sekitar Rp 40 miliar.

Sebelumnya, turap longsor terjadi di Jalan Tanah Baru di Kampung Poncol, RT 001/RW 001, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Selasa (29/5/2018). 

Wali Kota Depok Mohammad Idris menuturkan, untuk perbaikan seluruh turap di sepanjang Jalan Tanah Baru di sisi Kali Cabang Tengah, membutuhkan dana anggaran besar mencapai Rp 40 Miliar.

Oleh karena itu, Permkot Depok, kata Idris, sudah meminta ke Pemprov Jawa Barat untuk melakukan intervensi rencana perbaikan menyeluruh seluruh turap di Kali Cabang Tengah tersebut.

"Dari hitungan kami kemarin, anggaran untuk perbaikan turap seluruhnya di Jalan Tanah Baru ini cukup tinggi. Mencapai Rp 40 miliar," ucap Idris saat meninjau turap longsor di Jalan Tanah Baru di Kampung Poncol, Tanah Baru, Beji, Kamis (31/5/2018).

"Sehingga kami minta kepada provinsi untuk intervensi terhadap perbaikan ini. Sementara dari Pemkot Depok, nantinya perbaikan dan pembangunan dari sisi jalannya. Jadi kita bagi-bagilah," katanya lagi.

Baca: Turap Kali Baru Barat yang Ambrol Hanya Diperbaiki Pakai Karung dan Terucuk Kayu

Menurut Idris, dana Rp 40 miliar hanya untuk perbaikan turap, belum termasuk penataan kali.

"Kalau ditambah penataan, termasuk dengan grojokan atau air terjun dan jembatannya, bisa mencapai triliunan," katanya.

Selain meminta intervensi dari Pemprov Jawa Barat untuk turap, kata Idris, pihaknya juga sudah memasukkan program kerjasama dengan Pemprov DKI di wilayah perbatasan di sepanjang Kali Cabang Tengah di Jalan Tanah Baru, Depok.

"Untuk daerah di Jalan Tanah Baru ke sana, yang masuk ke perbatasan sudah dimasukkan programnya untuk kerjasama dengan DKI," tuturnya.

Baca: VIDEO: Butuh Ratusan Petugas untuk Pasang Bronjong di Turap Longsor di Depok

"Jadi nantinya semua ditangani komperehensif. Kalau tidak ditangani komperehensif, maka yang terjadi akan seperti Kali Laya," kata Idris.

Turap Kali Laya, di Cimanggis, sudah beberapa kali ambrol dan longsor karena perbaikan turap dilakukan sepotong-sepotong dan tidak komperehensif.

"Jadi ke depan agar penanganan komperehensif, maka Provinsi Jabar menangani turap kalinya karena wewenang dia, kita jalannya dan nanti DKI perbatasannya," kata Idris.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved