Festival Betawi Smesco Tampilkan Kuliner hingga Kesenian

Acara tersebut menjadi ajang promosi karya para perajin asal Jakarta, sehingga usaha yang dijalankannya bisa tumbuh.

Festival Betawi Smesco Tampilkan Kuliner hingga Kesenian
Warta Kota/Feryanto Hadi
Festival Betawi tampilkan kuliner dan kesenian. 

PENGURUS Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta menggelar Festival Betawi di Smesco Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Kamis (31/5/2018).

Acara berlangsung sejak pukul 10.00 hingga 19.00 WIB.

Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati mengatakan, acara tersebut menjadi ajang promosi karya para perajin asal Jakarta, sehingga usaha yang dijalankannya bisa tumbuh, berkembang, bahkan maju.

"Selain memperkenalkan budaya betawi, kami ingin tunjukkan hasil karya perajin supaya ada interaksi antara perajin dan masyarakat," ujar Fery ditemui di sela acara.

Istri Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan ini menambahkan, selama ini banyak masyarakat yang mengeluh sulitnya nendapatkan kuliner khas betawi.

"Maka pameran seperti ini diharapkan mempermudah masyarakat mendapatkan kuliner atau kerajinan betawi yang selama ini susah mereka cari. Kami juga sudah membuka sejumlah gerai deskranada di beberapa kantor pemerintahan di Jakarta," kata Fery.

Gerai-gerai di Festival Betawi menawarkan berbagai jenis kerajinan, seperti tas, kebaya, dan batik betawi, hingga produk kuliner khas Betawi di antaranya Rumah Betawi, Batikku Batikmu, Laras Butik, Roemah Kebaya, Betawi Distro, Pasar Unik 89, Makanan Kering Betawi Mirama Jalijo, Kerak Telor Bang Jamal, Selendang Mayang Bu Evi.

Menurut Direktur Utama Smesco Indonesia Emilia Suhaimi, ajang ini adalah pertama kali dilakukan Deskranada di Smesco Indonesia sebagai bentuk promosi seni dan budaya betawi.

"Untuk gerainya kami sudah memiliki 34 provinsi di Indonesia, termasuk dari Jakarta. Ibaratnya ini miniaturnya gerai yang mewakili tiap provinsi yang kami pamerkan setiap hari di lantai satu dan dua."

"Tapi untuk kegiatan seperti Festival Betawi ini baru pertama kali dilakukan yakni oleh Provinsi DKI Jakarta. Kami harap provinsi lain juga melakukan hal serupa di Smesco sini," imbuhnya.

Ia menambahkan,festival ini diikuti langsung para perajin produk sehingga harga yang ditawarkan lebih terjangkau.

"Langsung yang hadir di sini adalah para perajinnya sehingga harganya harga perajin," tuturnya.

Adapun seni betawi yang ditampilkan dalam kegiatan itu yakni lenong, tari dan musik betawi dan peragaan busana dari abang-none DKI Jakarta.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved