Breaking News:

Tim Khusus Diterjunkan Atasi Longsor di Depok

Tim Khusus diterjunkan untuk mengatasi kasus longsor di Kota Depok, Jawa Barat. Longsor terjadi di salah satu wilayah di Kota Depok.

WARTA KOTA/BUDI SAM LAW MALAU
Tim Khusus diterjunkan di lokasi longsor ini di Depok, Jawa Barat. 

TIM Khusus diterjunkan untuk mengatasi kasus longsor di Kota Depok, Jawa Barat. 

KEPALA Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianti, yang membentuk tim khusus itu.

Tim khusus itu bertugas mengatasi dan mencegah kemungkinan terburuk atas peristwa longsornya turap bantaran Kali Tanah Baru, di Kampung Poncol, RT 1/1, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Selasa (29/5/2018) dinihari.

"Kami turunkan tim Satgas untuk membersihkan longsoran turap yang menutup kali serta mencegah longsoran meluas dan kemungkinan terburuk lainnya," kata Citra.

Menurutnya Satgas merapikan bagian turap yang longsor agar longsoran tidak meluas, sehingga perbaikan dapat segera dilakukan.

"Akan kami kerahkan petugas untuk perbaikan turap setelah material longsoran selesai dirapikan," kata Citra.

Ia menyatakan kondisi turap yang cukup tua dan tergerus air membuat bangunan turap rapuh. "Sebab kerap tergerus aliran air yang deras," kata Citra.

Menurutnya tim Satgas sudah mengamankan lokasi sekitar longsoran turap dan memasang penanda agar agar warga dan pengendara tidak melintas terlalu dekat dengan turap.

Seperti diketahui turap bantaran Kali Tanah Baru, di Kampung Poncol, RT 1/1, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Selasa (29/5/2018) dinihari longsor. Ketinggian turap yang longsor mencapi 10 meter, dan sepanjang sekitar 12 meter. Longsornya turap mengikis sedikit Jalan Tanah, Kecamatan Beji.

Salah satu warga, Mansir mengatakan, longsor terjadi begitu cepat sekitar pukul 02.00 Selasa (29/5/2018) dinihari.

"Sekitar jam dua malam, tiba-tiba longsor. Kebetulan saya sedang siskamling. Langsung longsor semua, enggak bertahap. Saya juga kaget. Pas saya senteri ternyata longsornya lumayan panjang,' katanya.

Setelah itu Mansir dan anggota siskamling lainnya bergegas memasang tali pembatas agar warga tidak mendekat ke lokasi longsor.

Sementara itu, Ketua RT1/1 Kelurahan Tanah Baru, Kusnadi mengatakan, lebar bagian tanah yang longsor mencapai lebih dari sepuluh meter. Karena lebarnya bagian tanah yang longsor, Kusnadi mengaku khawatir longsor akan meluas dan membahayakan warga.

“Takutnya meluas, karenanya saya sudah lapor ke kelurahan," katanya.(bum)

FC: turap bantaran Kali Tanah Baru, di Kampung Poncol, RT 1/1, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, longsor Selasa (29/5/2018) dinihari.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved