Potensi Kopi di Kawasan Gunung Puntang Pangalengan Bisa Menjadi Kopi Terbaik

Kopi di kawasan Gunung Puntang, Pengalengan, Jawa Barat, menjadi salah satu kopi terbaik di Jawa Barat.

Penulis: | Editor:
Istimewa
Kopi di kawasan Gunung Puntang, Pengalengan, Jawa Barat, menjadi salah satu kopi terbaik di Jawa Barat. Potensi kopi di kawasan itu bisa berkembang dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani kopi. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Kopi di kawasan Gunung Puntang, Pangalengan, Jawa Barat, menjadi salah satu kopi terbaik di Jawa Barat.

Potensi kopi di kawasan itu bisa berkembang dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani kopi. Saat ini produksi kopi di tempat itu baru dua kilogram per pohon per tahun.

Baca: Tampilan Baru Goa Lawa Mulai dari Cahaya Warna-warni sampai Kedai Kopi

"Potensinya sangat besar dan perlu dikembangkan lebih baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan hasil produksi per pohonnya, yang sekarang ini baru berkisar dua kilogram per pohon per tahun," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat berkunjung ke kawasan itu, Selasa (29/5/2018).

Moeldoko mengatakan, penggunaan pupuk-pupuk organik yang tidak mengandung bahan-bahan kimia juga akan meningkatkan nilai jual dari kopi yang dihasilkan dari lereng Gunung Puntang ini.

Baca: Ada Perpustakaan Mini di Pojok Bintaro, Yuk Mampir Bisa Sambil Minum Kopi

"Apalagi, daerah ini merupakan wilayah pegunungan, sehingga penggunaan pestisida kimiawi pasti akan mempengaruhi kualitas air di badan-badan sungai yang mengalir ke bawah. Sungai menjadi tercemar," kata Moeldoko dalam keterangan tertulisnya.

Pertanian organik menurut Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) tersebut juga solusi untuk mengurangi kerusakan alam dan lingkungan akibat penggunaan pestisida kimia yang berlebihan.

Sudah terbukti penggunaan pestisida kimia, selain pembuangan limbah industri dan rumah tangga, menjadi salah satu penyumbang terbesar terjadinya kerusakan lingkungan di badan-badan air. Di antaranya Sungai Citarum di Jawa Barat.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved