PMI

Khawatir Stok Darah Minim, PMI Kota Bekasi Gelar Donor Darah hingga Malam Hari

Jangan takut melakukan donor di bulan puasa, karena pengambilan darah bisa dilakukan pada malam hari, selepas salat tarawih.

Khawatir Stok Darah Minim, PMI Kota Bekasi Gelar Donor Darah hingga Malam Hari
Warta Kota/Muhammad Azzam
PMI Kota Bekasi 

WARTA KOTA, BEKASI--- Palang Merah Kota Bekasi mengimbau warga untuk tetap mendonorkan darahnya, meski sedang berpuasa Ramadan.

"Jangan takut melakukan donor di bulan puasa, karena pengambilan darah bisa dilakukan pada malam hari, selepas salat tarawih," kata Liza Nodya Chintadini, Manajer Humas Program Pencarian dan Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kota Bekasi, kepada Warta Kota, Selasa (29/5/2018).

Liza juga menjelaskan, donor darah pada bulan puasa tidak akan berpengaruh kepada kondisi tubuh. Syaratnya, asupan makan pendonor darah saat sahur tercukupi.

"Asal sahur cukup, tidak masalah. Tapi memang kebanyakan mereka khawatir akan jadi lemas dan tidak kuat menjalani puasa," ujarnya.

Liza mengungkapkan sedikitnya jumlah pendonor darah selama bulan Ramadan membuat Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi kekurangan darah.

"Mereka rata-rata takut tidak kuat menjalani puasa, kemudian juga MUI (Majelis Ulama Indonesia--Red) sudah jelas memberitahukan donor darah tidak membatalkan puasa," ujarnya.

Baca: Waduh, Bulan Puasa Stok Darah PMI Kota Bekasi Semakin Minim

Liza menjelaskan, kebutuhan darah di Kota Bekasi cukup tinggi, bisa mencapai 300 kantung darah per hari. Sedangkan selama Ramadan jumlah pendonor tidak sampai 100 orang.

"Kebutuhan darah selama puasa tetap sama, namun jumlah pendonor sedikit. Kalau di kantor PMI saja sehari tidak sampai 10 kantung darah, biasanya bisa sampai 60 kantung darah," ujarnya.

Untuk itu, kata Liza, PMI Kota Bekasi gencar melakukan blusukan ke kerumunan maupun acara di pusat perbelanjaan..

"Kita menyasar masyarakat yang memang tidak menjalankan puasa seperti gereja dan vihara, karena memang diakui masih banyak masyarakat yang enggan melakukan donor pada saat puasa. Tiap akhir pekan juga kita gelar mobil donor di mal,"  ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga membuka layanan donor darah di Kantor PMI hingga malam hari.

"Jadi nanti mulai tanggal 3 Juni, kami membuka dua shift yaitu pagi mulai pukul 08.00 sampai 15.30 dan shift kedua 15.30 sampai 22.30," kata Liza,.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved