Breaking News:

Tahun Ini Jokowi Bayar Zakat Rp 50 Juta

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan zakat kepada Baznas di Istana Negara, Jakarta, Senin (‎28/5/2018).

TRIBUNNEWS/SENO TRI SULISTIYONO
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (‎28/5/2018). 

PRESIDEN Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, Senin (‎28/5/2018).

"Melalui zakat kita berbagi dengan para mujtahid, penerima zakat. Berbagi rezeki, berbagi rasa persaudaraan, berbagi ibadah, berbagi bahagia, terlebih di bulan suci Ramadan," ‎ujar Jokowi dalam sambutannya sebelum menyerahkan zakat.

‎Jokowi berharap, zakat yang diberikan olehnya maupun pejabat lainnya di Istana Negara, dapat menyempurnakan ibadah puasa dan menyempurnakan ketaatan kita semuanya.

Baca: Sebelum Beraksi, Penyerang Mapolsek Maro Sebo Ingin Jadi Imam Saat Salat di Masjid

"Saya mengajak para muzaki, pemberi zakat, untuk memberikan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, teratur, tepat penyalurannya kepada mujtahid," imbaunya.

Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan, selain Presiden dan Wakil Presiden, para menteri, pejabat tinggi negara serta eselon I di kementerian/lembaga negara, serta direksi BUMN, juga melakukan pembayaran zakat ke Baznas.

Menurutnya, penyaluran zakat untuk fakir miskin dilakukan melalui program-program yang bersifat konsumtif, maupun pemberdayaan di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

Baca: Polisi Periksa Kejiwaan Penyerang Mapolsek Maro Sebo Jambi

"Setiap tahun, pengumpulan zakat infak dan sedekah selalu mengalami peningkatan. Selama 15 tahun terakhir, peningkatannya mencapai 38 persen," papar Bambang di tempat yang sama.

Mengutip dashboard Baznas di gerai Istana sekitar pukul 13.40 WIB, total donasi sekitar Rp 569,96 juta, yang terdiri dari zakat sebesar Rp 558,84 juta dan infak sebesar Rp 11,12 juta.

Presiden dan Wakil Presiden membayar zakat masing-masing sebesar Rp 50 juta, kemudian Ketua DPR Bambang Soesatyo Rp 50 juta.

Sedangkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung membayar zakat sebesar Rp 23 juta, Menteri Sekretaris Negara senilai Rp 27 juta, dan Menteri Pendidikan Muhajir Efenndi senilai Rp 20 juta. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved