sarana Prasarana

Tidak Layak Digunakan Lagi, Kantor Kelurahan Jembatan Lima akan Disulap Jadi Puskesmas

Lahan seluas 1,060 meter persegi dibeli pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Jakarta Barat dalam jumlah cukup besar.

Tidak Layak Digunakan Lagi, Kantor Kelurahan Jembatan Lima akan Disulap Jadi Puskesmas
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Kantor Kelurahan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat, ini bakal direlokasi ke tempat yang lahannya lebih luas. 

WARTA KOTA, TAMBORA--- Gedung kantor Kelurahan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat,  sudah tidak layak lagi digunakan  untuk melayani warga.

Rencananya,kantor tersebut akan digunakan sebagai puskesmas.

Lurah Jembatan Lima  Jhoni Palar mengatakan, pihaknya sudah menemukan lahan baru seluas 1.60 meter persegi untuk lahan Kantor Kelurahan Jembatan Lima .

Dia menjelaskan, Kantor Kelurahan Jembatan Lima yang lama luasnya hanya 200-an meter persegi. Jika, nanti menempati gedung kantor kelurahan yang lebih luas, dia yakin bahwa warga dapat dilayani maksimal.

"Lahan seluas 1,060 meter persegi dibeli pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Jakarta Barat dalam jumlah cukup besar," ucap Jhoni, Minggu(27/5/2018). Menurut dia, tanah itu dibeli Rp 25 juta per meter.

"Proses pembelian lahan, saya akui memakan waktu cukup lama. Tidak hanya itu, ada rencana mungkin untuk gedung Kantor Kelurahan Jembatan Lima yang lama bakalan dibangun puskesmas," ujar Jhoni  lagi.

Baca: Kantor Kelurahan Jembatan Lima Sempit dan Sesak, Begini Ungkapan Lurahnya

Pelunasakan lahan baru dilakukan sebelum atau menjelang lebaran Idul Fitri mendatang.  Lahan Kantor Kelurahan Jembatan Lima yang baru letaknya tidak begitu jauh dari Kantor Kelurahan lama.

"Kalau sekarang dipastikan tidak akan mundur lagi. Soalnya sebelum Lebaran pelunasan akan dilakukan. Pembangunan kantor baru bakalan segera dilakukan. Konsep pembangunan juga diserahkan kepada instansi terkait," tuturnya.

Jhoni menambahkan, gedung kantor kelurahan idelanya memiliki luas sekitar 500-1.000 meter persegi. Oleh karena itu kantor kelurahan jembatan Lima harus direlokasikan.

"Bagimana pun kondisi kantor pasti pengaruh di kenyamanan warga. Kantor yang besar pastinya otomatis kenyamanan warga akan alami peningkatan," ucapnya.

Sementara itu, Kabag Tata Pemerintahan Kota Jakarta Barat, Muhammad Riadi mengatakan bahwa untuk mendapatkan lahan baru tersebut  melalui negoisasi panjang.

"Lahan bersertifikat seluas 1.060 meter persegi alhasil sudah dibebaskan. Agar mempercepat proses pembangunannya Kantor Kelurahan Jembatan Lima yang baru," ucapnya.

Baca: Kondisi Kantor Kelurahan Jembatan Lima dan Jembatan Besi, Camat Tambora: Miris, Mirip Kandang Burung

Setelah pelunasan selesai pada Juni mendatang, kata Riadi, proses pelelangan untuk proses pembangunan langsung dilakukan.

Dia memerkirakan, pembangunan di Kantor Kelurahan Jembatan Lima yang baru akan terealisasi pada tahun 2019 mendatang.

"Mengingat jarak antara pelunasan lahan serta proses lelangnya dapat memakan waktu yang cukup lama. Jika dipaksakan pembangunan pada tahun ini dinilai tak memungkinkan," ujar Riadi.

Penulis: Panjibaskhara
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved