Ingin Lebaran Banyak Uang, Kuli Panggul Pasar Tanah Abang ini Nekat Bobol Pegadaian

“Satu tempat saya bisa dapat sampai Rp 37 juta. Saya sudah tiga pegadaian, dapetnya lumayan besar,"

Ingin Lebaran Banyak Uang, Kuli Panggul Pasar Tanah Abang ini Nekat Bobol Pegadaian
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Pelaku pembobol kantor pegadaian yang diringkus Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya (PMJ). Para pelaku, R, Ha, Iw, D, dan AS, berhasil menggasak sebanyak Rp 1,9 miliar. 

Iwan (39), kuli panggul Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat mengaku khilaf atas aksinya membobol sebanyak tiga kantor pegadaian.

Menurut Iwan hal tersebut dilakukan agar saat Lebaran ia memiliki uang yang cukup banyak.

“Saya diajak teman saya D, untuk ikut mencuri di kantor pegadaian. Kata dia, ‘emangnya kamu mau puasa sama Lebaran nanti kita gini-gini aja (nggak punya uang)’,” kata Iwan, ditemui di Mapolda Metro Jaya, Kebayoranbaru, Jakarta Selatan, Jumat (25/5/2018).

Apalagi, saat itu dirinya hanya seorang kuli panggul Pasar Tanah Abang. Dengan upah Rp 100.000 sampai Rp 200.000 per hari.

“Tadi saya nggak mau. Tapi diajak terus dan saya dikenalin juga sama H yang ngebujuk buat ikut ngerampok pegadaian. Akhirnya saya tertarik, karena memang butuh uang juga,” katanya.

Rencana tersebut telah disusun sejak Januari 2018 lalu. Sebulan kemudian, Iwan bersama dengan empat rekannya, R, D, AS, dan H, mulai melakukan aksinya.

Hingga Mei 2018 ia bersama rekannya tersebut berhasil membobol sebanyak tiga pegadaian. Modusnya sama, dengan mengontrak di sebelah pegadaian. Kemudian membobol dinding, lalu menguras seluruh barang berharga di pegadaian.

“Satu tempat saya bisa dapat sampai Rp 37 juta. Saya sudah tiga pegadaian, dapetnya lumayan besar. Saya khilaf, karena mau cepat banyak uang pas puasa dan Lebaran,” kata bapak dua anak ini.

Seperti diketahui, Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya (PMJ) menangkap sebanyak lima pelaku pembobol kantor pegadaian.

Dimana para pelaku, R, Ha, Iw, D, dan AS, berhasil menggasak sebanyak Rp 1,9 miliar.

Halaman
123
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved