Breaking News:

Pemkab Kepulauan Seribu Siapkan Dua Rumah Singgah

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menyiapkan dua rumah singgah di sekitar RSUD Koja, Jakarta Utara dan RSUD Cengkareng.

Warta Kota
Ilustrasi rumah singgah. 

WARTA KOTA, KEPULAUAN SERIBU -- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menyiapkan dua rumah singgah di sekitar RSUD Koja, Jakarta Utara dan RSUD Cengkareng, Jakarta Barat.

Rumah singgah itu untuk memfasilitasi keluarga yang mendampingi pasien saat menjalani perawatan di kedua ruamh sakit tersebut. 

Selama ini, apabila ada warga pulau yang menjalani pengobatan di Jakarta, keluarga yang mendampingi pasien harus mengeluarkan uang untuk biaya penginapan. Adapun rumah singgah yang digagas Lembaga Bantuan Kesehatan Masyarakat (LBKM) Kepulauan Seribu daya tampungnya terbatas. 

“Tahun ini, ada dua rumah singgah yakni di daerah Cengkareng dan Koja. Rumah singgah di Cengkareng dari LBKM dan sekarang kita akomodir. Kalau yang di Koja, tempatnya baru kita sewa sekarang,” ungkap Asisten Pemerintahan Kepulauan Seribu Arief Wibowo, Rabu (23/5). 

Arief mengatakan selama ini RSUD Koja dan RSUD Cengkareng menjadi rujukan warga Kepulauam Seribu untuk berobat. Sehingga kebutuhan rumah singgah di sekitar kedua rumah sakit tersebut menjadi sangat mendesak. 

“Kalau dulu keluarga pasien yang berobat di RSUD Koja, harus nginap di Cengkareng dan itu jaraknya jauh. Alhamdulillah, rumah singgah di Koja bisa direalisasikan sekarang. Ini dilakukan untuk membantu meringankan biaya keluarga pasien yang menjalani perawatan,” katanya. 

Kedua rumah singgah ini tersebut disewa dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. Sehingga seluruh biaya di rumah singgah tersebut mulai dari sewa, listrik hingga air ditanggung Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu. 

“Kedua rumah singgah ini memiliki lima kamar dan masyarakat bisa menggunakan ini secara gratis. Kami juga telah menginformasikan kepada camat, lurah agar disampaikan kepada warga,” ucapnya.

Ada kedua rumah singgah itu masing-masing beralamat di Jalan Wijaya Kusuma No 11, Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara yang berada di dekat RSUD Koja dan di Jalan Gunung Galunggung 5 Blok E8B No 59, Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat yang berada dekat dengan RSUD Cengkareng.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved