Pak Anies! 2 Dinas Bertikai Akibat Hasil Rehab Berat Sekolah PT Murni Konstruksi (PT MKI)

HASIL pekerjaan Rehab berat sekolah tahun 2017 yang dinilai berciri 'abal-abal' membuat situasi panas antara 2 Dinas di Pemprov DKI.

Pak Anies! 2 Dinas Bertikai Akibat Hasil Rehab Berat Sekolah PT Murni Konstruksi (PT MKI)
WARTA KOTA/THEO YONATHAN SIMON LATURIUW
Tim Inspektorat Provinsi DKI Jakarta naik ke bagian atap untuk mengaudit hasil pekerjaan rehab berat sekolah 2017 di SDN Pinangsia 01/02 Jakarta Barat, Kamis (17/5/2018). Disdik DKI dan BPPBJ DKI kini bertikai akibat hasil pekerjaan yang disebut berciri abal-abal ini. 

HASIL pekerjaan Rehab berat sekolah tahun 2017 yang dinilai berciri 'abal-abal' membuat situasi panas antara 2 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemprov DKI. 

2 SKPD yang bertikai adalah Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa DKI (BPPBJ DKI) dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta (Disdik DKI). 

Disdik DKI mengeluarkan surat penolakan terhadap PT Murni Konstruksi Indonesia (PT MKI) apabila diusulkan BPPBJ DKI jadi pemenang di lelang Rehab total sekolah 2018.

PT Murni Konstruksi Indonesia memang tengah ikut lelang proyek rehab total sekolah 2018 dan tinggal menunggu penetapan pemenang pada 25 Mei 2018. 

Tapi PT Murni Konstruksi Indonesia juga merupakan pelaksana proyek rehab berat di 119 sekolah pada 2017 yang hasil pekerjaannya kemudian disebut berciri 'abal-abal'. 

Ciri hasil pekerjaan 'abal-abal' baru diketahui usai pembayaran sehingga tak mungkin diberi blacklist.

Bahkan tim inspektorat kini sudah  turun memeriksa 119 lokasi sekolah rehab berat PT Murni Konstruksi, dan fakta ciri 'abal-abal' pun ditemukan lewat dugaan anggaran fiktif, dan pekerjaan tak sesuai anggaran dalam kontrak.

Namun inspektorat belum sampai pada pengambilan kesimpulan dan belum memberi rekomendasi ke Gubernur Anies Baswedan

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Agus Prabowo, menilai ini situasi rumit.

Agus memilih tak mau berkomentar dan hanya akan memfasilitasi ketika BPPBJ DKI dan Disdik DKI mau berkonsultasi dengan LKPP.  

Halaman
1234
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved