Ngabuburit Sehat dengan Aerobik di RPTRA Kalijodo

DENTUMAN lagu berirama cepat menghentak sore hari yang tenang di RPTRA Kalijodo, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Ngabuburit Sehat dengan Aerobik di RPTRA Kalijodo
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Beberapa ibu-ibu dengan pakaian warna warni terlihat mengatur barisan untuk bersiap-siap mengambil gerakan awal aerobik, Rabu (23/5) sore. 

DENTUMAN lagu berirama cepat menghentak sore hari yang tenang di RPTRA Kalijodo, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Beberapa ibu-ibu dengan pakaian warna warni terlihat mengatur barisan untuk bersiap-siap mengambil gerakan awal.

Sementara itu seorang instruktur sudah bersiap di depan untuk mengarahkan ibu-ibu tersebut. Tanpa menunggu waktu lama, ibu-ibu tersebut langsung mengikuti arahan instruktur untuk memulai aerobik.

Beberapa ibu-ibu dengan pakaian warna warni terlihat mengatur barisan untuk bersiap-siap mengambil gerakan awal aerobik, Rabu (23/5) sore.
Beberapa ibu-ibu dengan pakaian warna warni terlihat mengatur barisan untuk bersiap-siap mengambil gerakan awal aerobik, Rabu (23/5) sore. (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

Tidak ada rasa canggung yang terlihat dari belasan ibu-ibu tersebut. Mereka begitu lincah mengikuti gerakan yang diperagakan oleh sang instruktur. Sesekali teriakan memacu semangat terdengar lantang menggema.

Instruktur aerobik, Rony Sapujagad (40) mengatakan kegiatan semacam ini sudah rutin dilakukan selama puasa. Kegiatan yang diusung oleh komunitas aerobik Embun Pagi itu bertujuan agar tubuh bugar selama puasa.

“Ini namanya ngabuburit sehat. Kita memang sudah sering aerobik di tempat ini dan karena sekarang kebetulan lagi bulan puasa, kita bikin aerobiknya sore hari sambil nunggu waktu berbuka,” katanya, Rabu (23/5).

Aerobik tersebut dimulai sejak pukul 17.00 WIB hingga tiba waktunya berbuka puasa. Sementara untuk hari-hari biasanya, kegiatan serupa hanya digelar selama waktu-waktu tertentu saja.

“Biasanya malam Selasa, malam Kamis, malam Jumat dan Sabtu pagi. Tapi karena lagi bulan puasa, kita ubah sore hari. Kita manfaatin waktu yang ada dengan hal-hal positif. Sehatnya dapat, puasanya dapat,” ucapnya.

Arief memastikan siapa saja boleh ikut aerobik tanpa dikenakan biaya. Pasalnya sehat adalah hak semua orang tanpa terkecuali. Apalagi tempat yang digunakan merupakan fasilitas publik dan berhak dimanfaatkan siapa saja.

“Siapa saja yang mau silakan, sehat hak semua orang. Tapi memang kebanyakan yang ikutan aerobik warga sekitar RPTRA Kalijodo. Tapi ada juga yang berasal dari jauh kayak dari Pluit atau Cideng,” ujar warga Kapuk Muara itu.

Salah seorang warga, Desi (36) mengaku dirinya sudah sejak dari awal mengikuti aerobik di RPTRA Kalijodo. Hanya saja berhubung bulan puasa, kebiasaannya menjadi sedikit berubah.

“Mending aerobik kayak begini, sehat. Ini namanya ngabuburit sehat. Jadi waktu nggak terasa, tahu-tahu udah mau buka puasa aja,” ungkap warga Pejagalan tersebut.

Pengakuan senada juga disampaikan warga lainnya, Meiyen (60) yang mengatakan kegiatan semacam ini sangat positif. Apalagi jarak antara rumahnya dengan RPTRA Kalijodo tidak begitu jauh.

“Ada kali empat tahun aerobik kayak begini. Nggak perlu jauh-jauh juga kalau mau olahraga, dekat rumah dan sehatnya juga sama kayak kalau di tempat fitnes,” tutur warga Pejagalan itu. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved