Breaking News:

Bahayanya Sampah Plastik yang Timbulkan Polusi

PT Marga Mandalasakti mengadakan penyuluhan pentingnya pengelolaan sampah di KM 81 Desa Pegadingan Ruas Tol Tangerang-Merak.

Warta Kota/Andika Panduwinata
PT Marga Mandalasakti mengadakan penyuluhan pentingnya pengelolaan sampah di KM 81 Desa Pegadingan Ruas Tol Tangerang-Merak pada Rabu (16/5/2018). 

PT MARGA Mandalasakti yang kini memiliki brand name ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak mengadakan penyuluhan pentingnya pengelolaan sampah di KM 81 Desa Pegadingan Ruas Tol Tangerang-Merak.

Hal itu sebagai wujud kepedulian menjaga lingkungan.

Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terkait pentingnya memelihara lingkungan yang asri bebas dari polusi sampah.

Bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten dan Kabupaten Serang, ASTRA Tol Tangerang-Merak mengedukasi masyarakat bagaimana cara memilah dan mengolah sampah berdasarkan jenisnya melalui workshop pengelolaan sampah anorganik.

Acara tersebut dihadiri oleh 50 peserta dari Desa Pegadingan, Desa Pelamunan dan Desa Kramatwatu Kabupaten Serang.

Baca: Pemain Home United Ungkap Tiga Kunci Kalahkan Persija di SUGBK

Dalam penyuluhan tersebut disampaikan juga mengenai bahaya polusi yang ditimbulkan oleh sampah plastik.

Melalui kegiatan tersebut ASTRA Tol Tangerang-Merak mengampanyekan untuk mengurangi penggunaan plastik.

Dan membiasakan untuk memilah sampah agar proses pengolahan limbah plastik menjadi lebih mudah untuk didaur ulang.

Rury Purwantoko Manajer Departemen Environment, Social & Responsibility PT Marga Mandalasakti mengatakan, pihaknya melihat di beberapa Desa yang berada di Ruas Tol Tangerang-Merak masih kurang peduli terhadap lingkungan sekitar.

"Banyaknya tumpukan sampah selain menjadi penyebab berbagai penyakit, juga sampah yang berasal dari limbah plastik berbahaya karena mengandung zat kimia yang dapat merusak tanah," ujar Rury Purwantoko dalam keterangannya kepada Warta Kota, Rabu (16/5/2018).

Baca: Ini Daftar 44 Pasar Murah di Jakarta Selama Ramadan

"Sampah plastik juga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa diuraikan. Diharapkan dengan adanya workshop ini masyarakat lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini pula ASTRA Tol Tangerang-Merak menggandeng kelompok pengrajin yang telah bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan ASTRA Michael D Ruslim (YPA MDR) dalam mendaur ulang sampah menjadi barang-barang yang bermanfaat serta berdaya guna dan bernilai ekonomis.

“Adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat melihat bahwa sampah plastik yang dihasilkan ternyata dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk kreasi yang bermanfaat dan mempunyai nilai jual,” ucap Rury.

Melanjutkan kampanye stop polusi sampah, di ASTRA Tol Tangerang-Merak bersama masyarakat Desa Pegadingan, Desa Kramatwatu, Desa Pelamunan serta Pemuda Karang Taruna setempat yang berbatasan langsung dengan Jalan Tol Tangerang-Merak melakukan aksi penanaman pohon dan kerja bakti membersihkan sampah yang berada di right of way (ROW) KM 81 arah Jakarta Ruas Tol Tangerang-Merak.

"Semoga kegiatan ini mampu menstimulus warga sekitar untuk berkelanjutan menjaga lingkungan," katanya. (dik)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved