Teroris Serang Gereja di Surabaya

Gereja Sering Jadi Target Pemboman, Begini Kata Uskup Agung Jakarta

Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo Pr menanggapi tragedi pemboman yang terjadi di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur.

Gereja Sering Jadi Target Pemboman, Begini Kata Uskup Agung Jakarta
Warta Kota/Rangga Baskoro
Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo Pr (tengah) menanggapi tragedi pemboman yang terjadi di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018). 

WARTA KOTA, SAWAH BESAR---Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo Pr menanggapi tragedi pemboman yang terjadi di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018).

"Buka hanya gereja (yang dibom)? Kantor polisi juga dibom, yang dicederai juga polisi. Kenapa? Karena polisi adalah lawan pertama bagi mereka yang membongkar jaringan-jaringan ini yang terstruktur dan terencana," kata Suharyo di Gereja Katedral Jakarta, Senin (14/5/2018).

Baca: Ini Pesan Uskup Agung Mgr. Ignatius Suharyo di Hari Natal

Suharyo mengatakan, gereja-gereja hanyalah dijadikan sarana sebagai target para teroris, hal itu bisa saja terjadi di tempat-tempat ibadah lain.

"Sedangkan gereja, menurut saya, sasarannya bisa juga masjid, bisa juga tempat ibadah yang lain. Itu hanya sarana untuk mengacaukan saja. Mungkin juga karena keyakinan agama yang lain selain yang mereka yakini itu kafir, bisa juga," katanya.

Baca: Teror Bom Diprediksi Melebar, Indonesia Open 2018 Tanpa Pengamanan Khusus

Ia mengimbau umat Katolik di Jakarta tidak terprovokasi dengan aksi yang tidak hanya mencederai salah satu kelompok agama tertentu, namun pihak kepolisian.

"Imbauan sederhana sekali, pertama kami tetap berdoa kepada keluarga dan korban. Kedua kami tetap tenang, jangan terprovokasi. Ketiga, percaya kepada pemerintah dan aparat keamanan yang memang tugasnya untuk mengamani. Kami tidak membuat pernyataan apa-apa, tapi itu selalu dibuat," katanya.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved