25 Tewas, Ratusan Terluka di Gaza Saat Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem

Acara peresmian kantor kedutaan AS dijadwalkan dilangsungkan pada Senin (14/5/2018) pukul 16.00 waktu setempat

25 Tewas, Ratusan Terluka di Gaza Saat Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem
AFP
Ribuan warga Palestina melarikan diri dari serangan gas air mata yang dilepaskan pasukan Israel di dekat perbatasan di Jalur Gaza pada Senin (14/5/2018). Bentrok terjadi jelang peresmian kedutaan AS di Yerusalem.(AFP / MOHAMMED ABED) 

- Bentrokan terjadi di sepanjang perbatasan Jalur Gaza beberapa jam menjelang peresmian pembukaan kedutaan AS di Yerusalem pada Senin (14/5/2018). Sebanyak 25 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Insiden bentrok terjadi antara ribuan warga Palestina yang menggelar aksi protes di dekat perbatasan Gaza.

Sejumlah peserta protes mulai melempari pagar perbatasan dengan batu dan mencoba menerobos. Sementara di sisi lain perbatasan pasukan penembak jitu dari militer Israel telah bersiap. Para korban tewas maupun luka dilaporkan akibat terkena peluru yang dilepaskan militer Israel dari sisi lain perbatasan. Demikian disampaikan Kementerian Kesehatan Gaza.

Militer Israel mengatakan ada sekitar 10.000 orang yang berkumpul di sepanjang perbatasan Jalur Gaza dan ribuan lainnya yang berkumpul di tenda-tenda yang berjarak sekitar 500 meter dari pagar keamanan. Militer Israel mengerahkan sekitar 1.000 personil untuk berjaga di sekitar kedutaan AS menjelang peresmian.

Jumlah hampir dua kali lipat dikerahkan di perbatasan Gaza dan Tepi Barat yang diduduki. Mereka juga menyebar selebaran peringatan yang ditujukan kepada warga Gaza untuk menjauh dari pagar perbatasan. "Kami akan melindungi warga sipil kami dengan segala cara demi mencegah pihak yang menerobos pagar," kata Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman.

Acara peresmian kantor kedutaan AS dijadwalkan dilangsungkan pada Senin (14/5/2018) pukul 16.00 waktu setempat. Peresmian akan dihadiri sekitar 800 tamu undangan, termasuk delegasi AS, meski tidak dihadiri langsung oleh Presiden Donald Trump. Delegasi AS dipimpin Wakil Menteri Luar Negeri AS John Sullivan dan turut membawa penasihat sekaligus putri presiden, Ivanka Trump dan suaminya Jared Kushner yang bertindak sebagai Asisten Gedung Putih, serta Menteri Keuangan Steven Mnuchin. Sejumlah delegasi negara asing termasuk AS tiba pada Minggu (13/5/2018) dan disambut langsung oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bentrokan Pecah di Jalur Gaza Jelang Peresmian Kedutaan AS",

Penulis : Agni Vidya Perdana
Editor : Agni Vidya Perdana

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved