Breaking News:

Warung Raos Gelar Pengajian dan Berbagi dengan Anak Yatim Sambut Ramadan

Saat ini, Warung raos juga melayani pesan antar dengan bermitra bersama Go-Food dan Grab-Food.

Warta Kota/Hamdi Putra
Ella Relawati, pemilik Warung Raos. 

WARTA KOTA, TANGERANG - Jelang Ramadan 1439 H atau 2018 M, sebuah restoran berkonsep khas Sunda di Jalan Jombang Raya Nomor 34 Pondok Aren Tangerang Selatan melaksanakan suatu kegiatan yang tidak biasa bagi sebuah restoran pada umumnya.

Adalah Warung Raos, restoran yang didirikan oleh mantan atlet Hoki Ella Relawati bersama sang suami Moekti Wibowo. 

Sudah menjadi agenda rutin Warung Raos setiap bulannya mengadakan kajian ilmu yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Selain mendapatkan ilmu, para jamaah yang hadir juga bisa menikmati sajian khas Warung Raos dengan gratis tanpa bayar sepeserpun.

"Kegiatan seperti ini sudah berjalan kurang lebih empat tahun. Dilaksanakan pada hari Jumat setiap bulannya. Inilah yang bisa dilakukan Warung Raos untuk dapat berbagi dengan orang banyak. Jamaah yang hadir rata-rata diatas 150 orang," ujar pemilik Warung Raos Ella Relawati kepada Warta Kota, Jum'at (11/5/2018).

Akan tetapi, pengajian rutin yang digelar pada Jum'at (11/5/2018) dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB menjadi sangat spesial. Selain untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadan, juga bertepatan dengan hari ulang tahun Warung Raos yang ke-8 sejak tahun 2010 lalu.

"Kami juga mengundang anak-anak yatim dari wilayah sekitarnya untuk berbagi. Yang hadir totalnya sekitar 200 orang. Tausyiah diberikan oleh Ustad Muhammad Zaki dengan tema Mengintip Kemuliaan Bulan Ramadan," imbuh Ella Relawati.

Selain itu, acara sosial keagamaan ini juga dimeriahkan dengan penampilan grup qasidah, senandung do'a dan salawat oleh kelompok pengajian ibu-ibu dari Pondok Kacang Timur Tangerang Selatan.

"Saya berharap, acara rutin bulanan ini bisa terus menambah kehadiran jamaah, karena terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Inilah yang bisa Warung Raos perbuat untuk warga sekitarnya, malah tidak menutup kemungkinan yang hadir jauh dari lokasi Warung Raos seperti yang sudah hadir ada dari Depok dan Karawaci," terang mantan atlet Hoki yang masih aktif bermain tersebut.

Pada bulan Ramadan, Warung Raos biasanya buka mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Warung Raos merupakan sebuah warung makan khas sunda yang terletak di Jalan Jombang Raya Nomor 34, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Warung ini didirikan dan dimiliki oleh pasangan Sunda-Jawa, Ella Relawati dan Moekti Wibowo Samani pada tahun 2010 lalu.

Berawal dari gerobak bubur ayam sekitar tujuh tahun yang lalu, kemudian berkembang perlahan menjadi Warung Raos seperti sekarang ini. Konsep yang diusung Warung Raos merupakan suasana khas pedesaan masyarakat sunda dengan menyediakan saung dan lesehan.

Menyasar segmen pasar keluarga, Warung Raos buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Ada sebanyak 18 orang karyawan yang siap melayani pengunjung dengan ramah. Harga menu makanan dan minumannya juga sangat terjangkau, berkisar antara 6 ribu rupiah sampai 90 ribu rupiah per porsinya.

Menu utama Warung Raos adalah olahan ikan, ayam, soto dan sop, baik digoreng maupun dibakar. Ada juga lotek, bakmi raos, mie tek-tek bandung, nasi timbel komplit dan sop iga. Sekilas menu yang ditawarkan memang terlihat biasa, namun olahan ikan dan ayam di Warung Raos jelas berbeda. Di sini pengunjung dapat menikmati menu andalan seperti gurame telor asin dan cocobek nila atau gurame.

Gurame telur asin terdiri dari ikan gurame dengan berat sekitar 500 gram digoreng bersama tepung, ditumis dan digoreng lagi dengan telur asin. Telur asin yang digunakan adalah bagian kuning telurnya saja yang dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian, disiram dengan tumisan bumbu khas Warung Raos. Tidak jauh berbeda dengan gurame telur asin, cocobek nila atau gurame juga berbentuk ikan yang digoreng lalu disiram dengan bumbu hingga berkuah.

Satu porsi gurame telur asin dapat dinikmati dengan harga 90 ribu rupiah saja. Sedangkan satu porsi cocobek nila dihargai 45 ribu rupiah dan untuk dapat menikmati cocobek gurame pengunjung cukup membayar 85 ribu rupiah.

Minuman yang tersedia di warung raos terdiri dari kopi, teh dan jus. Buah-buahan yang dijadikan jus adalah buah-buahan segar. Sedangkan white coffee dan teh tarik dipasok langsung dari luar negeri seperti dari Malaysia. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati smoothies banana oreo, milkshake dan sebagainya.

Warung Raos juga menerima pesanan nasi box, catering, prasmanan dan tumpeng.

Saat ini, Warung raos juga melayani pesan antar dengan bermitra bersama Go-Food dan Grab-Food.

Bagi anda yang ingin menggelar event seperti wedding, arisan, pengajian, khitanan dan gathering di Warung Raos, anda bisa menghemat biaya karena di sini tidak dikenakan biaya tempat bagi anda yang akan menggelar event.

"Setiap event di Warung Raos tidak dikenakan biaya sewa tempat cuma kena biaya makan dan minumnya saja. Setiap event free 4 jam," jelas Davidho Azzuklani, Menejer Operasional Warung Raos.

"Kami juga pernah menerima event wedding dengan 500 orang tamu dan pengajian dengan 200 orang tamu. Ada juga ruang meeting dengan kapasitas 10 sampai 12 orang," tambah Davidho kepada Warta Kota pada Kamis siang (30/11).

Saat Warta Kota mengunjungi Warung Raos, tampak puluhan pengunjung yang mayoritas ibu-ibu sedang membatik di bagian belakang Warung Raos.

Mereka adalah ibu-ibu dari Koperasi Wanita Tangerang Selatan yang sedang menggelar acara pelatihan membatik bagi anggotanya.

"Sedang ada pelatihan membatik dari koperasi wanita Tangerang Selatan. Jumlah mereka ada sekitar 60 orang," tutur pemilik Warung Raos, Ella Relawati yang juga sedang mengikuti pelatihan ini.

"Iya betul, sedang pelatihan membatik. Sudah dua kali kami ngadain di sini. Lokasinya strategis dan suasananya nyaman. Makanannya enak, sunda banget apalagi karedoknya," kata Yophie, Ketua pelatihan Membatik Koperasi wanita Tangerang Selatan.

Lokasinya yang berada di Jalan Jombang Raya menjadi daya tarik tersendiri karena banyak di antara pengunjung adalah mereka yang sedang dalam perjalanan dan memilih istirahat sambil makan dan bersantai di Warung Raos.

Seperti yang dituturkan oleh Milla yang datang bersama suami dan anaknya.

"Baru pertama kali. Kebetulan lewat dan mampir sini untuk makan siang," tutur Milla.

Selain itu, Warung raos juga memiliki cabang di Bintaro Sektor 7, Gedung Niaga Lantai 1. Namun, cabang warung raos yang ada di sini memakai konsep self service.

Jadi, bagi anda yang belum punya rencana menghabiskan libur panjang akhir pekan ini bersama keluarga, anda bisa datang ke Warung Raos untuk menikmati kuliner khas Sunda dengan rasa dan suasana yang maknyus. 

Penulis:
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved