Megawati Ancam Pecat Ketua PDI P di Wilayah yang Kalah Pilkada

Siapa yang tempatnya kalah, tak pecat (saya pecat) pemimpinnya, setuju

Megawati Ancam Pecat Ketua PDI P di Wilayah yang Kalah Pilkada
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri (kiri) didampingi Sekjen Hasto Kristiyanto (kanan), menunjukkan nomor urut, usai pengundian nomor urut partai politik peserta pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (18/2/2018). KPU menetapkan nomor urut 14 partai politik nasional dan 4 partai lokal DI Aceh untuk pemilihan umum 2019. 

Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri mengancam akan memecat para pemimpin partai di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah apabila tidak berhasil memenangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin di Pilkada Jateng 2018. "Siapa yang tempatnya kalah, tak pecat (saya pecat) pemimpinnya, setuju," tutur Megawati di hadapan puluhan ribu kader dan simpatisan PDI-P dalam Apel Siaga PDI Perjuangan Jawa Tengah "Setia Megawati Setia NKRI" di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (11/5/2018).

Megawati mengingatkan para kader dan simpatisan partai untuk bekerja keras memenangi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin pada 27 Juni 2018. "Semua jangan tidur ya. Jaga masing-masing TPS (tempat pemungutan suara), ya. Sampai penghitungan akhir ya. Kalau sampai Pak Ganjar sama Pak Taj Yasin tidak menang, mau diapain," tanya Megawati sambil menunjuk para pemimpin partai yang duduk di kursi panggung utama apel siaga.

"(Para pemimpin partai) yang duduk di sini kalau sampai nanti enggak menang, tak pecat mereka," ucap dia. Megawati mengajak para kader dan simpatisan PDI-P untuk bersama-sama memerahkan kembali Jawa Tengah di Pilkada Jateng 2018. Untuk memenangkan paslon yang diusung tersebut, Megawati mengingatkan agar tetap menggunakan cara yang santun dan tidak menggunakan kekerasan.

"Saya telah merekomendasikan saudara Ganjar Pranowo untuk dijadikan kedua kali sebagai Gubernur Jateng dan wakilnya kali ini saya memilih seorang anak muda, Taj Yasin Zubair (putranya Mbah Maimun Zubair)," tutur Megawati. Selain Megawati, apel siaga PDI-P Jawa Tengah turut dihadiri pasangan cagub dan cawagub Jateng Ganjar Pranowo-Taj Yasin, Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto, Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan PDI-P Puan Maharani dan seluruh Ketua DPC di 35 kabupaten/kota di Jateng.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Megawati: Siapa yang Kalah di Tempatnya, Saya Pecat Pemimpinnya",

Penulis : Kontributor Solo, Labib Zamani
Editor : Caroline Damanik

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved