Aksi Bela Palestina

Coba Dekati Kedubes Amerika, Massa Aksi 115 Diusir Polisi

POLISI memperketat pengamanan di sekitar kawasan Monas, khususnya di depan Kedubes AS yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Coba Dekati Kedubes Amerika, Massa Aksi 115 Diusir Polisi
Warta Kota/Hamdi Putra
Pengamanan di depan Kedubes AS di Jalan Medan Merdeka Selatan Gambir Jakarta Pusat saat Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis berlangsung di Monas pada Jum'at (11/5/2018). 

POLISI memperketat pengamanan di sekitar kawasan Monas Jakarta khususnya di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Hal ini dilakukan bersamaan dengan Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis yang sedang berlangsung di Lapangan Monas pada Jum'at (11/5/2018).

Sebanyak 35.000 pasukan gabungan dari TNI dan POLRI diterjunkan untuk mengamankan aksi solidaritas yang diperkirakan dihadiri oleh puluhan ribu orang.

Pasukan yang terdiri dari POLRI dan Kodam Jaya Jayakarta tersebut tersebar di sejumlah titik. Tak terkecuali di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Meskipun polisi sudah memastikan massa Aksi 115 tidak akan berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, pengamanan di depannya terpantau lebih ketat dari biasanya.

Baca: Ryamizard Ryacudu: Mengatasi Teroris Tak Bisa Gunakan Alutsista, Tapi Pakai Rakyat

Selain kawat berduri tampak dipasangi pada median jalan, personil brimob bersenjata lengkap serta barracuda disiagakan di depan Kedubes AS.

Masyarakat biasa atau peserta aksi yang mencoba mendekatinya, dipaksa untuk segera menjauhi area itu.

"Tadi rombongan saya cuma lewat dan ngobrol-ngobrol sebentar tidak jauh dari sana langsung diusir sama polisi," ujar Iwan, peserta Aksi 115 yang berasal dari Tangerang kepada Warta Kota, Jum'at (11/5/2018).

Begitu juga yang terjadi dengan rombongan peserta aksi yang datang dari Kebon Jeruk Jakarta Barat. Mereka sempat dihampiri oleh polisi dan diminta menjauhi serta tidak memfoto kantor Kedubes AS.

"Foto doang ternyata nggak dibolehin," kata Romi, satu dari anggota rombongan peserta Aksi 115 dari Kebon Jeruk.

Baca: Bandara Soekarno-Hatta Tutup Jadwal Penerbangan ke Jogja

Rombongan peserta aksi lainnya yang dijumpai Warta Kota mengaku tidak berani mendekat ke arah kantor Kedubes AS.

Mereka tidak ingin menodai aksi solidaritas untuk Palestina ini dengan tindakan bodoh yang tidak diperbolehkan.

"Niat kami ke sini bukan demo, mas," tutur Yono, rombongan dari Kebayoran Lama Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Massa Aksi Solidaritas Untuk Palestina ini mulai berdatangan dan berkumpul di Masjid Istiqlal dan Lapangan Monas Jakarta sejak Kamis malam (10/5/2018).

Penulis:
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved