Karya Ilmiah Rektor UKI Tidak Plagiat dan Sudah Ikuti Kaidah Penulisan

semua pengutipan yang dilakukan rektor UKI Jakarta terserbut pada buku karya beliau

Karya Ilmiah Rektor UKI Tidak Plagiat dan Sudah Ikuti Kaidah Penulisan
Istimewa
Salah satu buku yang diduga diplagiatkan oleh Rektor UKI Jakarta Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., M.B.A 

WARTA KOTA, BOGOR – Berdasarkan pemberitaan yang beredar soal dugaan plagarisme atas karya ilmiah yang dilakukan Rektor UKI Dhaniswara K Harjono yang mengecam reputasi UKI, pihak UKI memberikan klarifikasi beberapa hal.

Baca: Rektor UKI Jakarta Digugat Alumnusnya Diduga Plagiat Karya Ilmiah

Karya-karya ilmiah yang diduga diplagiat oleh rektor UKI diantaranya Buku Hukum Penanaman Modal Asing – Karangan Hulman Panjaitan dan Anwar Mangatur Siahan HC Penerbit CV. Indhil Co. Jl. KH. Abdul Syafei No. 51 D Tebet, (2) Kerangka Hukum Kebijakan Investasi Langsung Indonesia – Karangan Dr. Ida Bagus Rahmadi Supancana, S.H., M.S. Penerbit Ghalia Indonesia; (3) Buku Asset Securitization (Pelaksaan SMF di Indonesia) – Karangan Gunawan Widya dan E. Paramitha Supardan, menjadi Buku Pembiayaan Perumahan ; (4) Buku Hukum Perseroan Terbatas  (UU No. 40 Tahun 2007) Karya Jamin Ginting, (5) Buku Pengantar Ilmu Hukum – Karangan Titik Triwulan, S.H. M.H.

Bahwa, semua pengutipan yang dilakukan rektor UKI Jakarta terserbut pada buku karya beliau, di antaranya, “Hukum Pembiayaan Perumahan” dan “Pembaruan Hukum Perseroan Terbatas”, dilakukan dengan mengikuti kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah dan sumbernya disebutkan melalui penetapan catatan kaki.

Salah satu penulis buku Hukum Penanaman Modal Asing, Hulman Panjaitan, S.H., M.H., menjelaskan, dirinya sudah pernah membuat surat pernyataan bahwa saya tidak keberatan dengan pengutipan Buku Hukum Penanaman Modal Asing oleh Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., M.B.A., beliau mengutip dengan memberikan catatan kaki nama sumber dan pengarang buku, lalu menuliskan nama rujukan sumber buku di daftar pustaka,” tandas Hulman.

Penulis “Kerangka Hukum Kebijakan Investasi Langsung Indonesia” Ida Bagus Rahmadi Supancana, juga sudah menyampaikan bahwa dirinya tidak keberatan dengan pengutipan yang dilakukan Dr. Dhaniswara.

Koordinator Kopertis Wilayah III, Illah Sailah menegaskan bahwa buku yang bersangkutan sudah tidak diterbitkan. Kejadiannya 6 tahun lalu, sudah ada proses peninjauan oleh reviewer dan tidak pernah ada keberatan yang diajukan dari pihak yang tulisannya ditiru. "Buku itu tidak digunakan lagi dan tidak digunakan untuk kenaikan pangkat atau perolehan gelar,” tegas Dr. Ir. Illah Sailah.

Berpedoman pada Undang Undang Hak Cipta Nomor 28 tahun 2014, pasal 120, yang menyebutkan bahwa tindak pidana pelanggaran hak cipta merupakan delik aduan. Artinya, jika tidak ada orang yang keberatan, maka itu tidak dapat diproses sebagai suatu pelanggaran atau kejahatan.

Dhaniswara Harjono sudah melalui proses pemilihan Rektor UKI sesuai prosedur yang ditetapkan oleh Yayasan Universitas Kristen Indonesia. Dimulai dari seleksi administrasi, pertimbangan akademik oleh Senat yang diperluas, dan Fit and Proper Test dari para Guru Besar. Pelantikan Rektor Universitas Kristen Indonesia, Masa Bakti 2018-2022, Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MH., M.B.A digelar di Auditorium Grha William Soeryadjaya, Gedung FK UKI Cawang, Jakarta Timur (14/02).  

Saat ini Universitas Kristen Indonesia terus melakukan perubahan dan mengembangkan diri menuju kelas dunia. UKI berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang didukung oleh fasilitas dan teknologi berstandar internasional. UKI memiliki visi menjadi universitas unggul dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat di Indonesia dan dunia sesuai dengan nilai-nilai Kristiani dan Pancasila.

Universitas Kristen Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi swasta unggulan yang berada di Ibu Kota Negara Indonesia, tepatnya di Jakarta Timur. Sebagai lembaga pendidikan profesional, Universitas Kristen Indonesia berusaha menjawab kebutuhan pasar dengan menawarkan dua puluh enam pilihan jurusan untuk tingkat sarjana (S1), tiga jurusan untuk tingkat diploma (D3), enam jurusan program pasca sarjana dan tiga akademi.

Penulis: Adi Kurniawan
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved