Breaking News:

Simulasi

Pekerja Jalan Tol Tangerang-Merak Latihan Tangani Tumpahan Limbah Beracun

Jalan Tol Tangerang-Merak kerap dilintasi kendaraan industri yang mengangkut berbagai jenis muatan barang seperti limbah B3.

Istimewa
Petugas Astra Tol Tangerang-Merah sedang latihan menangani tumpahan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun di di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 68 arah Jakarta ruas Tol Tangerang-Merak, Rabu (9/5). 

WARTA KOTA, SERANG --- Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak kembali menggelar simulasi tangani limbah beracun, Rabu (9/5/2018).

Latihan kesiapsiagaan tanggap darurat (KTD) itu digelar di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM68 arah Jakarta ruas Tol Tangerang-Merak.

Kegiatan tersebut untuk mengasah petugas Jalan Tol Tangerang-Merak  dalam menangani kejadian luar biasa di lokasi pekerjaan. Misalnya, terjadi tumpahan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Para petinggi yang menghadiri latihan KTD B3 antara lain Sunarto Sastrowiyoto (Direktur Teknik dan Operasi) dan Masrana (Direktur SDM dan Umum PT Marga Mandalasakti).

Jalan Tol Tangerang-Merak kerap dilintasi berbagai kendaraan industri yang mengangkut berbagai jenis muatan barang seperti limbah B3.

Baca: Antisipasi, Pemkot Jakarta Utara Gelar Simulasi Siaga Bencana

Sebagai upaya preventif, Astra Tol Tangerang-Merak mewaspadai dampak terburuk sehingga secara rutin melakukan simulasi penanganan limbah B3.

Selain itu, simulasi sebagai bentuk komitmen dalam memberi pelayanan prima kepada pengguna jalan.

Simulasi juga untuk mengasah kesiapsiagaan para petugas Astra Tol Tangerang-Merak dalam memberi pelayanan saat terjadi kecelakaan di jalan tol.

"Simulasi ini merupakan salah satu bentuk kajian Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait dengan penanganan kecelakaan kerja di lajur setiap satu tahun sekali," ujar Masrana seperti dikutip dalam keterangannya kepada Warta Kota, Rabu (9/5/2018).

Baca: Dibutuhkan Surveyor untuk Pelaksanaan Impor Limbah B3

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak juga ingin mengetahui bagaimana penanganan petugas dan ketersediaan peralatan saat terjadi kecelakaan kerja.

Latihan tersebut juga sebagai bentuk kerjasama perusahaan dengan pihak terkait seperti Dinas Pemadam Kebakaran wilayah Serang dan RS Sari Asih Serang, serta perusahaan jasa transporter limbah B3.

Keselamatan kerja
Keselamatan kerja para petugas di lokasi pekerjaan juga menjadi perhatian Astra Trol Tangerang-Merak.

Oleh karena itu, perusahaan tersebut mengajak seluruh mitra kerja memprioritaskan dan mematuhi aturan keselamatan kerja saat bertugas.

Masrana menjelaskan, latihan KTD B3 sebagai langkah antisipasi dan edukasi penanganan saat terjadi kecelakaan di jalan tol.

Baca: Tingkatkan Keselamatan Kerja, Sandiaga: Semua Pasar Harus Berlatih Fire Drill

Petugas juga dilatih untuk penempatan rambu yang sesuai agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

Menurutnya, para petugas yang berada di lokasi pekerjaan secara otomatis turut serta berpartisipasi dalam menciptakan kelancaraan, keamanan dan kenyamanan bagi pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved