Pengawasan Orang Asing

Imigrasi Jakarta Utara Bentuk Tim PORA di Kecamatan untuk Awasi Orang Asing

"Kami berharap dari masyarakat, informasi cepat masuk kalau ada orang asing yang kira-kira mencurigakan atau apa

Imigrasi Jakarta Utara Bentuk Tim PORA  di Kecamatan untuk Awasi Orang Asing
WARTA KOTA/FERYANTO HADI
Ilustrasi: Pembentukan TIM PORA Jakarta Selatan. 

Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) Tingkat Kecamatan Kota Administrasi Jakarta Utara, di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (9/5).

Pembentukan Tim PORA di tingkat kecamatan itu dalam rangka implementasi dari Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) No 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing.

Kadiv Administrasi Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Nuni Suryani mengatakan, pembentukan Tim PORA tingkat kecamatan untuk meningkatkan harmonisasi kerjasama pengawasan orang asing khususnya di Jakarta Utara.

"Jadi sekarang ini memang untuk pengawasan orang asing kita bentuk sampai ke lini yang paling bawah, kepada masyarakat yang menyentuh langsung," ucap Nuni, Rabu (9/5/2018).

Baca: Tiap Kecamatan di Jaksel Punya Pengawas Orang Asing sebagai Antisipasi Membludaknya WNA

Tim PORA Tingkat Kecamatan beranggotakan perwakilan dari Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara, unsur Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara, dan Komando Distrik 0502 Jakarta Utara.

"Kami berharap dari masyarakat, informasi cepat masuk kalau ada orang asing yang kira-kira mencurigakan atau apa," katanya.

Dia juga meminta masyarakat untuk aktif mengawasi orang asing. "Agar pengawasan orang ini bisa lebih baik lagi kedepannya," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad mengatakan, pembentukan Tim PORA Tingkat Kecamatan sebagai upaya pemerintah agar orang asing di Indonesia menaati peraturan.

"Pemerintah sangat ingin sekali untuk siapapun di Indonesia mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada, aturan-aturan yang ada, entah itu TKA (tenaga kerja asing--Red) maupun siapapun yang keluar masuk dan beraktivitas di wilayah NKRI," ucapnya.

Husein menilai, kehadiran Tim PORA Tingkat Kecamatan akan efektif karena menyentuh langsung elemen masyarakat.

Baca: Tim Pengawasan Orang Asing Kota Depok Melakukan Razia di Apartemen

Selain itu, tim tersebut sebagai bukti upaya pemerintah melakukan pengawasan terhadap orang asing semakin ketat.

"Aktivitas sehari-hari yang dilakukan adalah pengawasan. Apabila ada yang melanggar, tentu sudah ada ketentuannya, sudah ada aturannya," katanya.

Jika ada yang melanggar, kata Husein, akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved