Petugas Lingkungan Hidup Bekasi Dibekali Pengetahuan Cara Tindaklanjuti Pengaduan Masyarakat

DINAS Lingkungan Hidup Kota Bekasi mengadakan Bimbingan Teknis Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat kepada seluruh petugas Lingkungan Hidup.

Petugas Lingkungan Hidup Bekasi Dibekali Pengetahuan Cara Tindaklanjuti Pengaduan Masyarakat
Muhammad Azzam
Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi mengadakan Bimbingan Teknis Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat, kepada seluruh petugas Lingkungan Hidup yang ada di tingkat kelurahan maupun Kecamatan di Ballroom Hotel Merapi Merbabu di Jalan Cut Mutia, Sepanjang Jaya, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/5/2018). 

DINAS Lingkungan Hidup Kota Bekasi mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat, kepada seluruh petugas Lingkungan Hidup yang ada di tingkat kelurahan maupun Kecamatan.

Kegiatan Bimtek itu digelar di Ballroom Hotel Merapi Merbabu di Jalan Cut Mutia, Sepanjang Jaya, Rawalumbu, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (8/5/2018).

Supono Kasi Pengaduan Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Bekasi mengungkapkan pihaknya gencar melakukan bimtek ini dalam memaksimalkan untuk menjalankan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia NomorP.22/MENLHK/SETJEN/SET.1/3/2017 tentang Tata Cara Pengelolaan Pengaduan Dugaan Pencemaran Dan/Atau Perusakan Lingkungan Hidup Dan/Atau Perusakan Hutan.

Pelatihan guna memberikan pemahaman lebih kepada para petugas Lingkungan Hidup di wilayah Bekasi agar selalu sigap dalam melakukan tindak lanjut pengaduan masyarakat.

"Kita berikan pemahaman kepada mereka yang dilapangan, agar rutin melakukan pengawasan dan pengecekan kepada perusahaan-perusahan soal Instalasi Pengolahan Air Limbah ( IPAL) ataupun pencemaran yang lainnya selain menunggu aduan dari masyarakat," tuturnya saat ditemui di acara tersebut, Selasa (8/5/2018).

Selain itu, lanjut Supono kegiatan Bimtek itu juga memberikan pengetahuan tata cara untuk mereka menindak lanjuti pengaduan masyarakat baik itu surat maupun menggunakan pengaduan online.

"Kegiatan sebagai penguatan untuk mengimplementasikan tugas dan fungsi Dinas LH Kota Bekasi, yakni untuk melayani masyarakat dalam pengaduan terhadap adanya dugaan pencemaran atau perusakan lingkungan hidup yang terjadi," ujarnya.

Ia menambahkan kegiatan ini juga guna memaksimalkan pengaduan online dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat.

"Jadi aduan yang jadi tanggung jawab Dinas LH Kota Bekasi langsung kita tindaklanjuti, supaya efektif dan cepat melakukan tindaklanjuti nya jadi petugas di kelurahan dan kecamatan kita berikan pengetahuan soal cara menindaklanjuti aduan itu jadi bisa lebih cepat menanganinya," ujarnya.

Ia menjelaskan alur pengaduan itu saat terverifikasi indentitas pelapor valid, kemudian lengkap data yang diadukan, tim akan melakukan pengecekan lapangan, setelah diperiksa sesuai dan benar ada pencemaran lingkungan hidup, pihaknya akan melakukan tindakan mulai dari surat peringatan, hingga penutupan perusahaan pencemar lingkungan itu.

"Saya sebagai tim penerimaan pengaduan, setelah aduan masuk dan dicek lapangan valid, langsung aduan itu kita bahas ke Dinas LH, kategori aduan itu juga diserahkan ke masing-masing bidangnya untuk melakukan tindakan. Apa yang semua dibahas kita tindak lanjuti ke pimpinan, hasil pembahasan itu ada sanksi, mulai dari perbaikan, bahkan hingga penutupan. Hasil dari tindaklanjut perusahaan yang melakukan pelanggaran itu tidak tidaksertamerta kita tindak, kita berikan peringatan pertama kedua hingga pemberian sanksi,"paparnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved