Uji Coba Ganjil Genap di Tangerang dan Cibubur Diperpanjang

"Uji coba yang semula sampai akhir April, di perpanjang hingga 11 Mei 2018.

Uji Coba Ganjil Genap di Tangerang dan Cibubur Diperpanjang
Warta Kota/Andika Panduwinata
Uji coba penerapan hari kedua nomor polisi ganjil- genap masih digelar di Tol Tangerang, Selasa (17/4/2018). 

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) Bambang Prihartono menyatakan, pihaknya akan memperpanjang masa uji coba penerapan paket kebijakan mengurai kemacetan atau ganjil genap di pintu tol Cibubur 2, Kunciran 2, dan Tangerang 2, arah Jakarta.

"Uji coba yang semula sampai akhir April, di perpanjang hingga 11 Mei 2018. Pada pertengahan Mei, kami harap sudah terimplementasi sepenuhnya," kata Bambang, dalam siaran pers resminya, Jumat (4/5/2018).

Bambang mengatakan, hasil penerapan penaganan paket kebijakan kemacetan di ruas tol tersebut berdampak positif. Sejak dilakukan uji coba pada 16 April lalu, dampak antrian menurun drastis hingga separuhnya pada pukul 06.00 WIB-09.00 WIB.

"Dari data Jasa Marga, panjang antrian yamg semula 18 km menjadi 8 km. Volume kendaraan juga turun di Gerbang Kunciran dan Tangerang 2 hingga 24,9 persen, serta terjadi peningkatan kecepatan di ruas Tangerang-Jakarta sebesar 24,9 persen," sebut Bambang.

Seperti diketahui, meski sama-sama menerapkan sistem ganjil genap untuk kendaraan pribadi, namun paket kebijakan Cibubur dan Tangerang sedikit berbeda. Baca juga : 200 Teguran Selama 4 Hari Uji Coba Perpanjangan Waktu Ganjil-Genap Sudirman-Thamrin Khusus untuk ruas Jagorawi, BPTJ tidak menerapkan pembatasan angkutan barang golongan III-V. Hal ini dikarenakan volume kendaraan berat tidak sepadat di ruas Tangerang ataupun Cikampek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masa Uji Coba Ganjil Genap di Cibubur dan Tangerang Diperpanjang", Penulis : Stanly Ravel
Editor : Robertus Belarminus

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved