Wuling Cortez Melaju, Toyota Sienta Melorot 

Jika menghitung secara total, pada kuarta I-2018 wholesales-nya hanya 871 unit, atau turun 84,04 persen dibanding tahun lalu.

Oto.com
WULING Cortez dan Toyota Sienta 

MEMANTAU pergerakan pemain baru dari China, Wuling Cortez, yang ada di segmen MPV medium, ternyata terus mengalami pertumbuhan positif tiap bulan pada kuartal I-2018.

Berada di posisi tiga teratas, Cortez dengan mesin 1.8L memiliki angka wholesales sampai 1.445 unit. Model ini baru saja diperkenalkan pada akhir 2017, dengan modal fitur-fitur mewah dan kenyamanan kabinnya, tak heran jika banyak peminatnya.

Baca: Karimun Wagon 7 Penumpang Bolak-balik Muncul, Suzuki Indonesia Masih Bungkam

Pada Januari, Cortez hanya dikirim 372 unit, lalu pada Februari 444 unit, dan pada bulan ketiga mereka memperoleh 629 unit.

Meski begitu, secara keseluruhan, segmen ini masih dikuasai absolut oleh Innova, yang berhasil mencapai 14.675 unit. Pangsa pasar jagoan Toyota ini sebesar 77,74 persen, dan mengalami kenaikan dibanding periode sebelumnya yang kontribusinya hanya 61,60 persen.

Wholesales MPV Medium kuarta I/2018 (diolah dari data Gaikindo)
Wholesales MPV Medium kuarta I/2018 (diolah dari data Gaikindo) (KompasOtomotif/Ghulam Muhammad Nayazri)

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), Grand Livina berada di kategori MPV medium dan mencapai wholesales sampai 1.553 unit, dengan jatah 8,23 persen.

Sienta Melorot, Panther Apa Adanya

Pemain lainnya seperti Sienta, perjalanannya tampak tersendat dengan penurunan drastis dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu, rata-rata penjualannya per bulan ada di angka 1.819 unit, sementara saat ini hanya 290-an unit.

Jika menghitung secara total, pada kuarta I-2018 wholesales-nya hanya 871 unit, atau turun 84,04 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

TEST Drive Wuling Cortez
TEST Drive Wuling Cortez (Kompas.com/Aditya Maulana)

Entah, apakah Toyota Indonesia sudah balik modal atau belum dari investasi produksi Sienta.

Kemudian, Panther yang hadir apa adanya, penjualannya konstan di angka 100–an unit saja per bulan. Masih belum ada kejelasan apakah Isuzu akan melakukan perombakan pada model Panther miliknya. (Ghulam Muhammad Nayazri)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Sienta Tersendat, Wuling Cortez Melesat"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved