Babak Baru Semenanjung Korea

Moon Jae In: Pasukan AS Tak Akan Ditarik dari Korsel, Meski Perang Korea Berakhir

"Pasukan Gabungan AS-Korsel (USFK) merupakan aliansi AS dan Korsel. Tidak ada hubungannya dengan deklarasi perdamaian."

Moon Jae In: Pasukan AS Tak Akan Ditarik dari Korsel, Meski Perang Korea Berakhir
Youtube.com
PRESIDEN Korea Selatan Moon Jae In 

KOREA Selatan ( Korsel) menampik wacana pasukan Amerika Serikat ( AS) bakal angkat kaki jika mereka berdamai dengan Korea Utara ( Korut). Pernyataan tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden Korsel Moon Jae In, sebagaimana diberitakan The Telegraph Rabu (2/5/2018).

Secara teknis, Korut dan Korsel masih terlibat perang. Sebab, Perang Korea yang terjadi pada 1950-1953 baru berakhir dalam tahap gencatan senjata.

Namun, pada pekan lalu, Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Moon dalam pertemuan di Panmunjom pekan lalu (27/4/2018) sepakat untuk mengakhiri perang tahun ini.

Baca: Perang Korea Ternyata Masih Berlangsung, Ini Alasannya

Keputusan untuk melakukan deklarasi itu bakal dibicarakan melalui pertemuan antara Korut-Korsel dengan AS, atau pertemuan empat negara antara Korut, Korsel, AS, dan China.

Dalam pernyataannya, Moon berujar meski nantinya Perang Korea berakhir melalui deklarasi damai, pasukan AS tidak akan ditarik dari Korsel.

"Pasukan Gabungan AS-Korsel (USFK) merupakan aliansi AS dan Korsel. Tidak ada hubungannya dengan deklarasi perdamaian," kata Moon.

Baca: Rakyat Korsel Mulai Percaya pada Pemimpin Korut Kim Jong Un

Presiden 65 tahun itu menanggapi komentar penasihatnya, Moon Chung In, yang menulis di majalah Kementerian Luar Negeri Korsel.

"Sangat sulit membenarkan keberadaan AS di Korsel setelah kami mencapai deklarasi perdamaian dengan Korut," kata Moon Chung In.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved