Babak Baru Semenanjung Korea

Lokasi Uji Coba Nuklir Korut Bakal Ditutup, PBB Diminta segera Verifikasi

"Presiden (Moon) meminta dukungan PBB untuk memverifikasi rencana penutupan tempat uji coba nuklir Korea Utara..."

Lokasi Uji Coba Nuklir Korut Bakal Ditutup, PBB Diminta segera Verifikasi
Kementerian Pertahanan Korsel/AP via voaindonesia.com
RUDAL balistik Korea Selatan Hyunmoo II diluncurkan dari lokasi yang tidak disebutkan di Korea Selatan, Senin, 4 September 2017. 

PRESIDEN Korea Selatan Moon Jae-in dikabarkan telah menghubungi Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk segera melakukan verifikasi terhadap rencana penutupan tempat uji coba nuklir Korea Utara. Disampaikan juru bicara PBB, Presiden Moon telah menelepon Sekjen PBB pada Senin (30/4/2018) lalu.

"Presiden (Moon) meminta dukungan PBB untuk memverifikasi rencana penutupan tempat uji coba nuklir Korea Utara seperti yang telah disampaikan Ketua Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) Kim Jong Un," kata juru bicara PBB Stephane Dujarric, Selasa (1/5/2018).

Baca: Rakyat Korsel Mulai Percaya pada Pemimpin Korut Kim Jong Un

Baca: Janji Kim Jong Un: Situs Uji Coba Nuklir Korut Ditutup Mei 2018

Kim Jong Un telah menyampaikan rencana penutupan tersebut saat pertemuan dengan Presiden Moon dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea di Desa Panmunjom, Jumat (27/4/2018) pekan lalu.

Kim mengatakan penutupan lokasi uji coba nuklir di Punggye-ri tersebut akan dilakukannya pada bulan Mei. DemikianP dilansir dari AFP.

Baca: Ini Dia Punggye-ri, Lokasi Uji Coba Nuklir Korut yang Misterius

Penutupan tersebut juga seiring dengan harapan kedua pemimpin yang berjanji untuk mengejar tercapainya perdamaian permanen dan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Menjawab permintaan Korea Selatan, Guterres mengatakan, PBB siap untuk melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai bentuk dukungan yang diharapkan.

Baca: Kim Jong Un Undang Pakar dan Jurnalis Asing saat Tutup Situs Nuklir Korut

PBB memiliki badan yang berfungsi sebagai pengawas persenjataan nuklir gobal yakni Badan Energi Aton Internasional (IAEA) yang bermarkas di Wina dan memiliki kemampuan menjalankan misi verifikasi.

Sebelumnya Guterres juga telah memuji pertemuan bersejarah yang terjadi antara para pemimpin Korea dan mendesak mereka untuk segera mengubah komitmen mereka menjadi tindakan. (Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PBB Diminta Verifikasi Rencana Penutupan Lokasi Uji Coba Nuklir Korut"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved